5 Film Dokumenter Seniman Yang Menginspirasi

  • Bagikan
5 Film Dokumenter Seniman Yang Menginspirasi

Hai GenK! Gimana weekend-mu seru atau membosankan? Kalo terasa membosankan, cobain deh kalian menonton film-film yang bergenre tentang dokumenter seniman dijamin tambah inspirasi dan dapat mengatasi kebosanan di weekend ini.

Karena kali ini mimin mau share nih tentang film dokumenter yang terinspirasi dari kisah hidup para seniman dan juga karya-karya ikonik mereka. Apa saja judul filmnya? yuk kita simak berikut ini.

1. The Mill And The Cross

The Mill and The Cross 700x350 1

Film dokumenter seniman yang pertama ini berkisah tentang seorang pelukis Netherlandish Renaissance bernama Pieter Bruegel the Elder. Lukisan The Procession to Calvary adalah karya terbesar kedua yang pernah dibuatnya.

Lukisan berdimensi 124×170 sentimeter dengan 500 karakter di dalamnya kemudian dianalisis, termasuk struktur dan simbolisme lukisannya. Menarik banget buat ditonton karena menggabungkan teknologi terkini dengan masa lalu.

2. Frida

Frida 700x350 1

Kalo kamu suka dengan seniman Frida Kahlo, film dokumenter ini wajib kamu tonton. Mengisahkan bagaimana perjalanan hidup seorang cewek pelukis kelahiran Meksiko tersebut yang dalam berkarya dan berpandangan politik. Karena Frida kerap dianggap sebagai revolusioner.

Diperankan langsung oleh Salma Hayek serta film ini berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Make Up dan Best Music, Original Score.

3. Basquiat

basquiat 700x350 1

Film dokumenter ke-3 ini mengisahkan tentang Jean-Michel Basquiat, yang diperankan oleh Jeffrey Wright saat bermetamorfosis menjadi seorang seniman kenamaan dunia. Dengan mengaplikasikan gaya grafiti, Basquiat menjadi tenar berkat perkenalannya. Dengan seniman kenamaan, Andy Warhol.

Film biopik tentang Basquiat ini menyajikan cerita kehidupan sang seniman yang awalnya sulit, lalu berubah drastis karena faktor-faktor yang telah mempengaruhi kehidupannya.

4. Loving Vincent (2017)

loving vincent 700x350 1

Film ini mengangkat kisah tentang karya-karya ternama dari pelukis dunia, Vincent van Gogh dan kematiannya yang penuh tanda tanya. Van Gogh sendiri adalah seorang pelukis asal Belanda yang wafat di usia muda setelah mengalami penyakit gangguan kejiwaan.

Loving Vincent adalah film animasi panjang pertama di dunia yang dilukis tangan menggunakan cat minyak. Total seluruhnya mencapai 650.000 frames yang semuanya dibuat dengan goresan kuas ala Van Gogh.

5. Peggy Guggenheim: Art Addict

peggy 700x350 1

Film dokumenter terakhir ini mengisahkan tentang Peggy Guggenheim yang merupakan kolektor seni. Kehidupannya tidak hanya berkutat seputar asmara pribadinya tetapi juga keinginannya untuk membangaun koleksi seni modern.

Meski ada banyak konflik yang menyelimuti tapi ia tetap gigih mewujudkan keinginannya. Koleksi seni tersebut kini bisa kamu temui di Venesia. Sumber : lifestyle.detakhukum.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *