Ria Ricis

Memiliki Subscriber Terbanyak Se-Asia Tenggara, Ternyata Ini Alasan Ria Ricis Jadi YouTuber

Posted on

Channel YouTube Ria Ricis yang bermula dari konten mainan squishy, menjelma menjadi channel YouTube dengan subscriber terbanyak di Indonesia. Mengalahkan channel Atta Halilintar yang berada di urutan kedua.

Sebagai channel yang memiliki jumlah subscriber terbanyak di Indonesia bahkan terbanyak se-Asia Tenggara, membuat iklan yang masuk pun semakin banyak. Hal tersebut berimbas pada besarnya penghasilan yang diperoleh Ria Ricis setiap bulannya yang mencapai miliaran rupiah.

Siapa sangka profesi sebagai YouTuber yang ditekuni selebritis internet ini ternyata bermula dari balas dendam!

Hal tersebut dia ungkapkan lewat channel YouTube The Sungkars Family.

Penghasilan Ria Ricis sebagai YouTuber  

Sebagaimana diketahui, istri Teuku Ryan ini merupakan sosok multi talent yang memiliki banyak bakat dan kemampuan, sehingga cukup banyak profesi yang dia jalani.

Dengan kemampuan aktingnya, dia telah bermain peran pada 13 judul film dan 4 serial web. Bakat menyanyinya dia tumpahkan dengan membuat 1 album dan 12 single. Dia menjadi presenter untuk sejumlah acara televisi. Dia juga seorang penulis yang telah menerbtkan buku sebanyak 5 judul, satu diantaranya yang berjudul Maaf untuk Papa menjadi best seller.

Baca juga:  Sederet Kontroversi Oki Setiana Dewi, Dari Simpanan Hingga Normalisasi KDRT

Namun, diantara sekian banyak profesi yang dia tekuni, pekerjaan yang menjadi sumber utama penghasilan Ria Ricis adalah sebagai YouTuber. Tidak main-main, dalam sebulan dia bisa mengumpulkan uang hingga miliaran rupiah.

Berdasarkan data yang tercatat hingga pertengahan Desember 2021 yang lalu, jumlah pelanggan akun YouTube Ria Ricis mencapai 28,7 juta subscriber dengan total video yang ditonton sebanyak 4,48 miliar kali.

Jumlah tersebut mengalahkan akun YouTube milik Atta Halilintar yang memiliki subscriber sebanyak 28,4 juta dengan total video yang ditonton mencapai 3,59 miliar kali.

Bermodal subscriber sebanyak itu, penghasilan aktris yang memiliki nama asli Ria Yunita ini perbulannya sekitar US$ 40.000 – US$ 639.000 atau sekitar Rp.574 juta – Rp.9,18 miliar. Sehingga dalam setahun pendapatan yang dia peroleh dari YouTube sebesar US$ 479.000 – US$ 7,7 atau sekitar Rp.687 miliar – Rp.110 miliar.

Tidak hanya di platform YouTube saja selebritis internet ini memiliki jumlah subscriber yang banyak, tapi juga di beberapa media sosial yang lain, seperti TikTok dan Instagram.

Pada platform TikTok, dia memiliki jumlah pengikut sebanyak 22,6 juta. Sedang pada Instagram jumlah pengikutnya sebanyak 28,6 juta. Dengan kata lain, media sosial yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi aktris yang lahir di Batam, 1 Juli 1995 ini bukan hanya YouTube tapi juga TikTok dan Instagram.

Baca juga:  Atta Halilintar Ternyata Pernah Hampir Batal Nikah Dengan Aurel Hermansyah

Jadi YouTuber Karena Ingin Balas Dendam

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi menjadi bekal tersendiri bagi Ria Ricis dalam menaklukkan dunia digital dan menyihir penonton videonya untuk dengan senang hati menekan subscribe.

Namun, awal dia bermain dengan media sosial, diawali dari Instagram kemudian YouTube baru disusul TikTok, bukan karena ilmu yang dia pelajari di kampus, melainkan karena ingin balas dendam.

Alasan balas dendam tidak lain karena sejak duduk di bangku sekolah Dasar (SD) dia sudah mengalami perundungan.

“Dulu aku pendiam, kan dulu SD di-bully, diam. Aku di keluargaku saja, kayak di keluarga-keluarga jauh, ‘ini beda sendiri kan anaknya’,” cerita Ria Ricis lewat channel YouTube The Sungkars Family.

“Kan aku hitam sendiri, kakak-kakak aku putih. Jadi kayak bukan anak kandung, kayak anak angkat, ‘ih si Ria ketukar kali,’ tambah alumni Universitas Pancasila ini.

“Karena aku kesal ya, aku ngumpet enggak mau ngomong, tapi aku tahu itu bercanda,” ujarnya.

Akhirnya, setelah beranjak dewasa, dia ingin ‘balas dendam’. Caranya dengan menunjukkan ‘siapa dirinya’ melalui video-video yang dia buat.

Baca juga:  Paman Atta Halilintar Mengaku Disingkirkan Waktu Menjenguk Ameena, Punya Konflik di Masa Lalu

“Akhirnya, (ketika) sudah gede terus ketemu kamera, makanya bikin-bikin video, kayak balas dendam,” terangnya.

Melalui gambar video dia ingin mengeluarkan semua yang terpendam dalam dirinya yang dulu semasa masih kecil belum sempat dia keluarkan.

“Pengin keluarin diri aku karena kan dulu aku enggak keluarin diri aku gitu. Aku (orangnya) ramai bisa, diam bisa, sesuai request-an,” kata Ricis.

Tidak disangka, niat untuk ‘balas dendam’ yang dilakukan dengan cara positif itu ternyata menjadi jalan bagi dirinya dalam mengais rejeki. Kini, Ria Ricis tidak hanya dapat melampiaskan dendam, tapi juga dapat mengumpulkan pundi-pundi dollar dengan cara yang sangat menyenangkan. (*)