Jelang Keluar dari Penjara, Angelina Sondakh Makin Religius

Angelina Sondakh

Nama Angelina Sondakh kembali ramai disebut setelah tersiar kabar kalau dirinya tidak lama lagi  akan menikmati udara bebas usai menjalani masa hukumannya di penjara karena terjerat kasus korupsi dana pembangunan wisma atlet Jakabiring Palembang.

Meski telah mendekam dalam penjara sejak 12 November 2013, berita tentang Puteri Indonesia 2001 yang memiliki nama lengkap Angelina Patricia Pinkan Sondakh ini masih saja terdengar.

Hal tersebut tidak lain karena orang-orang yang pernah bersamanya atau pernah mengunjunginya selama tinggal di lapas kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur, seperti Ustad Yusuf Mansur dan Nikita Mirzani mengabarkannya ke publik.

Lantas seperti apa kehidupan Angelina Sondakh saat ini?

Berikut sepenggal perjalanan hidup dari perempuan kelahiran 28 Desember 1977 ini serta cerita tentang kehidupannya selama berada dalam penjara.

Karir dan Kehidupan Pribadi Angelina Sondakh

Artis, model dan juga politisi yang akrab dipanggil Angie ini lahir di New South Wales, Australia. Masa kecil hingga pra-remajanya dihabiskan di Manado sebelum akhirnya melanjutkan sekolah di Year 9 – 10 Presbyterian Ladies College, Sidney dan Year 11 Armidale Publich High School di Armidale, Australia.

Baca juga:  Angelina Sondakh Bebas dari Penjara, Langsung Menangis Karena Anaknya

Sementara pendidikan tingginya dia tempuh di Fakultas Ekonomi program study Pemasaran pada Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta.

Nama Angelina Sondakh mulai menjadi perhatian publik setelah terpilih sebagai Puteri Indonesia 2001. Sebelumnya dia juga pernah memenangkan berbagai ajang sejenis seperti Miss Novotel Indonesia, Puteri Pixy Manado, Puteri Pantai Manado, Wulan Minahasa, Noni Sulut dan berbagai ajang sejenis lainnya.

Bermodal kecantikan dan kecerdasan yang dimilikinya, Angie juga sukses meniti karir di dunia model. Dia bahkan pernah meraih penghargaan Satya Karya Kemerdekaan pada 17 Agustus 2002 dari Menteri Sosial RI.

Angie yang awalnya pemeluk agama nasrani, setelah memiliki hubungan dekat dengan mantan suami Reza Artamevia, Adjie Massaid, pada tahun 2008 memutuskan untuk menjadi muallaf.

Hubungan tersebut berlanjut dengan pernikahan keduanya pada 29 April 2009. Dari pernikahan itu, lahir seorang anak laki-laki yang diberi nama Keanu Jabaar Massaid pada 9 September 2009. Namun sayang kebersamaan mereka hanya berumur kurang dari dua tahun, karena pada 5 Februari 2011, Adjie meninggal dunia akibat serangan jantung.

Terjerat Kasus Korupsi

Selain sukses di dunia model, Angelina Sondakh juga moncer dalam meniti karir di dunia politik setelah terpilih sebagai Anggota DPR RI pada Pemilu tahun 2004. Dalam tubuh Partai Demokrat, dia menduduki posisi yang strategis yaitu sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Baca juga:  Tak Mau Dikorbankan Sendiri, Angelina Sondakh Tahu Nama-Nama, Bungkam Karena Ini

Namun sayang, karirnya di dunia politik harus terjegal. Dia terjerat kasus korupsi proyek wisma atlet Jakabiring Palembang dan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Setelah menjalani rangkaian sidang, Angie pun akhirnya divonis 12 tahun penjara serta denda sebesar Rp.500 juta ditambah pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti sebesar Rp.40 milliar.  .

Perjalanan Spiritual Angelina Sondakh

Meski awal mula dia menjadi muallaf karena kedekatannya dengan Adjie Massaid, namun dia bersungguh-sungguh dalam mempelajari sekaligus menjalankan syariat Islam. Saat dia terciduk oleh KPK, sempat tersiar isu tidak sedap yang mengabarkan dirinya keluar dari Islam.

Isu miring itu dia tanggapi secara bijak dengan mengatakan, “”Subhanallah, kata Allah cara untuk membersihkan dosa kita pertama lewat musibah dan melalui fitnah orang lain,” tutur Angelina Sondakh kala itu.

Selain menepis isu lewat kata-kata, Angelina Sondakh juga membuktikannya lewat perbuatan dengan menutup aurat memakai hijab sejak tahun 2015.

Nikita Mirzani yang pernah menjadi rekan sesama binaan di Rutan Pondok Bambu, pada bulan April 2015 pernah mengatakan, “Dia tetap cantik kok, masih seksi dan pakai kerudung lagi. Soalnya di sana polanya makan, tidur, salat, jadinya pasti lebih religius,’ ungkap Niki.

Baca juga:  Angelina Sondakh Masih Jauh Dengan Keanu, Merasa Dirinya Bukan Ibu yang Baik

Tidak hanya itu, pada tahun 2017 Ustad Yusuf Mansur pernah menceritakan kondisi Angelina Sondakh selama di dalam penjara. Menurut pendakwah yang sedang menghadapi tuduhan penipuan ini, Angie semakin religius. Dia hafal Al-Qur’an hingga 5 juzz dan menjadi guru ngaji bagi rekan-rekan sesama warga binaan di lapas.

Mendengar kabar tentang perubahan Angelina Sondakh yang semakin religius tersebut, siapapun tentu sudah tidak sabar untuk melihat seperti apa sosok Angie nanti saat keluar dari lembaga pemsyarakatan. (*)

You May Also Like

About the Author: Artis Terkini