Nia Ramadhani

Banding Dikabulkan, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Resmi Bebas dari Panti Rehab

Posted on

Kabar Artis – Pasangan selebriti tanah air, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, kini telah dinyatakan bebas oleh pihak kepolisian. Nia, Ardie, dan sang sopir diketahui terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba, sehingga divonis menjalani rehabilitasi selama 8 bulan.

Ketiganya dinilai kooperatif selama proses penangkapan dan menjalani rehabilitasi dengan baik. Walaupun sebelumnya dikabarkan mengajukan banding ke Mahkamah Agung, Maret 2022 lalu. Tujuannya untuk meringankan masa vonis 1 tahun itu.

Putusan pengadilan akhirnya meringankan hukuman mereka. Ketiganya menjalani rehabilitasi 8 bulan di Fan Campus, Cisarua.

Kabar kebebasan pasangan selebriti dan pengusaha ini berhasil disampaikan oleh sang pengacara. Menurutnya, masa hukuman Nia Ramadhani dan Ardie sudah habis. Kini Nia dan Ardie tengah memulihkan kondisinya di suatu tempat.

“Ya, mereka sudah pulang. Awal puasa kemarin itu. Sudah istirahat di suatu tempat,” tukas sang pengacara, Wa Ode Nur Zainab pada awak media (21/4/2022).

Vonis Usai Setelah Nia Ramadhani Dan Ardi Ajukan Banding

61c3fd17e4a37

Mahkamah Agung merespon pengajuan banding Nia Ramadhani dan Ardi tempo lalu melalui surat putusan yang ditetapkan pada 29 Maret 2022 dengan nomor 34/PID.SUS/2022/PT DKI.

Baca juga:  Nia Konsumsi Sabu! Ini Alasannya, Nomor 2 So Shocking

Surat tersebut menyatakan menerima permintaan banding yang diajukan oleh sang pengacara, Wa Ode Nur Zainab atas keinginan penuntut umum dan para terdakwa.

Selanjutnya, isi surat tersebut juga menyatakan perubahan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tertanggal 11 Januari 2011 Nomor 770/Pid.Sus/PN mengenai putusan pada angka 2, sehingga vonis yang harusnya mereka terima berubah menjadi lebih ringan.

Adapun amar putusan tersebut berbunyi:

“Menyatakan terdakwa I Zen Vivanto, terdakwa II Ramadhania Ardiansyah Bakrie, terdakwa III Anindra Ardiansyah Bakrie telah bukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri yang dilakukan secara bersama-sama,”

“Memerintahkan para terdakwa menjalani pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan sosial di Lembaga Rehabilitasi Fan Campus Cisarua, Kabupaten Bogor masing-masing selama 8 bulan yang diperhitungkan seluruhnya dengan masa rehabilitasi yang sudah dijalani para terdakwa,” lanjut isi surat putusan tersebut.

Penjelasan Pengacara

Merespon pertanyaan dari berbagai media, Wa Ode Nur Zainab mengaku merasa lega atas bebasnya sang klien, yakni Nia dan Ardi.

Pada awak media, Wa Ode menjelaskan kebebasan sang klien dan runtutan putusan banding yang sebelumnya mereka terima.

Baca juga:  Sidang Kedua Nia Ramadhani dan Andi Bakrie, Mereka Tak Banyak Bicara

“Jadi di website Mahkamah Agung itu sebenarnya sudah muncul perkara Bu Nia, Pak Ardi, sopirnya Pak Zen Vivanto di tingkat banding sudah putus, di 29 Maret 2022,” tegas Wa Ode.

“Putusan (banding) kan sudah ada sejak 29 Maret lalu, dan pemberitahuan putusan sudah kami terima. Putusannya itu 8 bulan rehabilitasi vonisnya,” lanjutnya.

“Delapan bulan kan di 10 Maret, jadi ketika putusan banding itu sudah lewat dari vonis. Jadi kalau 8 bulan itu kan dari 10 Juli 2021, kalau 8 bulan itu berarti ya 10 Maret 2022. Nah putusannya di tanggal 29 Maret, tetapi ketika divonis 8 bulan itu sudah selesai. Sudah lewat dari 8 bulan malah,”  ungkap Wa Ode Nur Zainab Kamis (21/4/2022).

Dalam pernyataan itu, Wa Ode menegaskan bahwa Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan Zen Vitranto (sopir) menjalani hukuman sejak 10 Juli 2021.

Menurutnya vonis 8 bulan tersebut terhitung dari tanggal 10 Juli tahun lalu dan seharusnya berakhir 10 Maret 2022. Meskipun putusan Mahkamah Agung turun 29 Maret. Artinya, berakhirnya masa rehab Nia Ramadhani dan Ardi tidak bertentangan dengan banding yang mereka ajukan.

Awal Mula Penangkapan

Meski sudah dinyatakan selesai dari proses rehabilitasi, namun keduanya belum bisa dikatakan benar-benar bebas.

Baca juga:  Divonis 1 Tahun Penjara Nia Ramadhani Ajukan Banding, Ini Alasannya

Sebelumnya, Nia Ramadhani ditangkap oleh polisi pada 7 Juli 2021 lalu di kediamannya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Berawal dari penangkapan sang sopir, Zen Vivanto, baik Nia dan suami terkena imbasnya.

Nia Ramadhani dan sang suami berstatus tersangka setelah diketahui menghisap 0,78 gram sabu. Kasus tersebut mengantarkan ketiganya, Nia, Ardie, dan Zen pada vonis 1 tahun penjara atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Meski demikian, ketiganya tak terima. Mereka mengajukan banding ke Mahkamah Agung, sehingga hukuman berlangsung ringan. Nia, Ardie, dan Zen diketahui menjalani 8 bulan rehabilitasi di Fan Campus, Cisarua Bogor, Jawa Barat.