Ririe Fairus

Curhat Ririe Fairus Saat Disalingkuhi Ayus Sabyan

Posted on

Perceraian Ririe Fairus dengan Ayus Sabyan sudah hampir setahun, tepatnya pada bulan Maret 2021 di Pengadilan Agama, Jakarta Utara.

Selama itu pula Ririe menutup diri. Belum pernah sekalipun dia membuka di hadapan publik peristiwa apapun yang terkait dengan percerainnya. Tidak juga di akun Instagramnya yang memiliki pengikut lebih dari 600 ribu.

Seperti diketahui, latar belakang dari perceraian tersebut adalah hadirnya pihak ketiga alias pelakor yang ditengarai adalah Nissa Sabyan. Berita tentang perselingkuhan dua orang anggota Grup Gambus Sabyan ini sempat viral di awal tahun 2021.

Setelah hampir satu tahun lamanya menutup diri terkait perceraiannya, Ririe Fairus akhirnya menumpahkan semuanya di hadapan Maia Estianti melalui channel YouTube MAIA ALELDUL TV yang tayang pada 23/1/2022.

Awal Ririe Fairus Membangun Rumah Tangga dengan Ayus Sabyan

Dalam tayangan video berdurasi 31 menit 33 detik tersebut, Ririe Fairus menceritakan tentang betapa sakitnya saat mengetahui suaminya berselingkuh.

Maklum dia berpacaran dengan Fairus selama 8 tahun. Awalnya bahkan pernah backstreet karena tidak disetujui orang tua. Setelah disetujui dan akhirnya menikah, kehidupan rumah tangga merekapun dimulai dari nol.

Baca juga:  Benarkah Maia Estianty Akan Cerai dari Irwan Mussry?

Betapa tidak, sampai dengan memiliki anak, kehidupan ekonomi mereka masih susah.

“Mau beli pampers aja nggak kuat. Mau beli makanan juga nggak kuat. Bahkan pernah hanya pegang duit tiga ribu doang,” papar Ririe sambil berusaha menahan tangis di hadapan Maia.

Pertama Kali Diselingkuhi

Perjalanan cintanya yang panjang mulai dari berpacaran hingga menikah itulah yang membuat Ririe Fairus benar-benar sakit hati saat untuk pertama kalinya tahu suaminya berselingkuh.

“Sakitnya kayak mati rasa. Pokoknya nggak bisa diungkapin deh,” paparnya.

Kala itu, menurut ibu dari dua anak ini, selama seminggu dirinya tidak nafsu makan hingga berat badannya turun 6 kg. Dengan tubuh yang semakin kurus dan sifatnya yang ceria berubah murung, membuat keluarganya curiga hingga akhirnya tahu perselingkuhan yang dilakukan suaminya.

Tidak hanya itu, dalam kondisi yang labil dia sempat marah dan bertanya kepada Tuhan:  Kenapa dirinya sampai jadi korban perselingkuhan? Kenapa rumah tangganya diberi musibah seberat itu. “Kenapa harus gue?” ungkap Ririe.

Saat itu dia sedih dan bingung untuk mengambil sikap. Bahkan, sempat muncul keraguan, apakah dirinya mampu melanjutkan hidup.

Baca juga:  Nissa Sabyan Bicara Soal Isu Hubungannya Dengan Ayus Sabyan

“Apa yang harus aku lakuin kedepannya, rasanya seperti sudah nggak punya kehidupan,” tutur Ririe.

Pisah Secara Baik-Baik

Setelah mengetahui perselingkuhan suami berdasarkan pengakuan dari suaminya sendiri, Ririe Fairus sempat memiliki keinginan untuk menyelamatkan rumahtangganya. Dia berusaha memperbaiki diri agar bisa tampil lebih sempurna di hadapan suami. Dia juga pernah mengajak sang suami untuk konsultasi ke psikolog namun oleh Ayus ditolak.

Karena merasa sudah tidak tahan dan tidak mampu lagi mengembalikan suaminya seperti semula, Ririe pun mengajukan gugat cerai ke Pengadilan Agama, Jakarta Utara. Perceraian terjadi setelah enam bulan dia mengajukan gugat cerai. Itu sebabnya, saat hakim memutus perceraian, dia sudah tidak terlampau bersedih.

Dia berpisah dari suaminya secara baik-baik. Sebelumnya mereka berusaha bersama mencari titik temu dari persoalan yang menghancurkan rumah tangga mereka.

“Jadi tidak dalam keadaan emosi atau marah saat kami pisah. Kita ngobrol bagaimana ke depannya,” tutur Ririe Fairus. Diceritakannya pula bagaimana Ayus bertanya tentang proses di pengadilan, bagaimana caranya menjelaskan pada anak-anak, juga bagaimana menghadapi para wartawan saat meminta klarifikasi.

Karena perceraian dilakukan secara baik-baik, komunikasi diantara mereka pun tetap terjaga pasca perceraian, terlebih jika berkaitan dengan perkembangan anak-anak. Hingga kini setidaknya seminggu sekali Ayus mengunjungi anak-anaknya.

Baca juga:  Anak Ririe Fairus Berubah Setelah Perceraian, Tidak Mau Dipeluk Ayus Sabyan, Langsung Peluk Ibunya

“Rutinnya setiap hari Jumat. Papanya ajak anak-anak shalat Jumat. Selebihnya terserah papanya,” terang Ririe.

Menata Ulang Hidup

Kini setelah usia perceraian hampir setahun keinginan Ririe Fairus adalah menata ulang hidup. Pertama dengan mencari kesibukan, kedua menyemangati diri dan ketiga dengan fokus pada anak-anak.

Untuk hal pertama dan ketiga baginya tidak sulit, karena anak-anak tinggal bersamanya. Sedang untuk yang kedua dia berusaha menyemangati diri dengan mulai merintis berbagai usaha.

“Penting banget menyemangati diri sendiri, cari kesibukan. Alhamdulillah ada endorse-an dan buka usaha fashion secara online,” kata Ririe Fairus. (*)