davina veronica

Davina Veronica Kritik Raffi Ahmad

Posted on

Melalui akun Instagram @davinaveronica, artis yang juga dikenal sebagai aktivis penyayang binatang Davina Veronica pada 21/12/2021 melontarkan kritik yang ditujukan pada Raffi Ahmad.

Dalam kritiknya Davina memang tidak menyebut secara langsung nama suami dari Nagita Slavina, tapi menggantinya dengan sebutan Crazy Rich.

Hanya saja siapapun pasti tahu orang yang dia tuju adalah Rafii Ahmad, karena topik yang diangkat dalam kritik tersebut adalah seputar rencana dari artis kaya raya yang ingin membangun kebun binatang di Jakarta.

Siapa lagi Crazy Rich yang dimaksud kalau bukan Raffi Ahmad karena hanya dia yang dalam beberapa hari terakhir mengungkapkan rencananya untuk mendirikan kebun binatang di Jakarta.

Rencana Raffi Ahmad Bangun Kebun Binatang

Rencana Raffi Ahmad untuk membangun kebun binatang diungkap secara terbuka melalui akun Instagramnya pada 17/12/2021 yang lalu.

Presenter yang merambah ke dunia bisnis ini menyampaikan bahwa perusahaan miliknya RANS Entertainment akan membangun sebuah kebun binatang sebagai hadiah bagi anak keduanya Rayyanza Malik Ahmad.

Kebun binatang seluas 2,6 hektar tersebut berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara dan diberi nama RANS Carnival City Zoo.

“Bismillah …. Ground Breaking Rans Carnaval City Zoo PIK2. Mohon Doanyaaa. Ada apa aja yaaaa Binatang yang ada di sini ???,” tulis ayah dari Raffatar dan Rayyanza ini melalui akun Instagramnya.

Baca juga:  Raffi Ahmad Lakukan Tindakan Medis Untuk Atasi Masalah Saraf Kejepitnya

“Insyallah Pertengahan Tahun depan Open For Public,” tambah Raffi Ahmad dalam Instagramnya.

Kritik Davina Veronica

Lewat akun Instagramnya Davina Veronica menyampaikan rasa keberatan atas rencana Crazy Rich yang ingin membangun kebun binatang.

“Kenapa harus membangun kebun binatang, lagi? Pertanyaan itu banyak datang ke saya ttg seorang artis yg ingin membangun bonbin,” tulisnya pada keterangan foto.

Menurutnya, hewan boleh hidup di kebun binatang apabila prinsip-prinsip dan koridor-koridor hewan benar-benar diperhatikan, tidak disalahgunakan, dana untuk hewan tidak dikorupsi dan hewan tidak dieksploitasi.

Selain itu, orang-orang yang bekerja di kebun binatang harus memiliki standar keahlian, kemampuan serta berdedikasi dalam merawat dan mengurus binatang. Satu lagi yang tidak kalah penting: tujuan didirikannya kebun binatang adalah untuk mendukung konservasi insitu, disamping peran lainnya sebagai konservasi eksitu, yaitu bentuk perlindungan flora dan fauna dengan mengambilnya dari habitat yang tidak aman atau wilayah terancam disebabkan rusaknya habitat.

“But, let’s face it, Indonesia is terrible with zoo! Banyak sekali kasus kematian satwa liar di bonbin2 di Indonesia. Satwa2 bonbin di Indonesia kondisinya sangat menyedihkan & memprihatinkan. Animal welfare-nya tidak diperhatikan bahkan tidak dipenuhi,” tulis Davina Veronica.

Baca juga:  Melly Goeslaw Bikin Rekaman Lagu Bareng Rafathar Malik Ahmad, Begini Kesannya!

Artis yang bermain dalam film “Belenggu” ini menambahkan bahwa kebun binatang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kehidupan hewan yang dipiara. Untuk itu, kebun binatang harus memiliki SDM dan tenaga ahli yang beredukasi serta berkomitmen di bidang kesejahteraan berbagai macam hewan.

“Like day today everyday? Seperti bonbin yg di Australia & Amrik yg dibuat sedemikian rupa menyerupai alam/habitat asli mereka di alam liar, menyediakan makanan dan nutrisi lengkap (untuk tiap hewan berbeda),” paparnya.

Lebih lanjut Davina Veronica membandingkan kondisi kebun binatang yang ada di Indonesia dengan kebun binatang yang ada di negara-negara maju.

Di kebun binatang yang ada di negara-negara maju, semua hewan diurus dan dipantau secara teliti oleh staf berdedikasi tinggi yang memiliki kepedulian terhadap hewan yang menjadi tanggung jawabnya.

Kebun binatang tersebut memiliki dokter hewan yang bekerja secara permanen dilengkapi fasilitas laboratorium, rumah sakit hewan, serta fasilitas yang lain,

“Mereka berdedikasi & berkomitmen tinggi krn mrk punya latar pendidikan/ pelatihan di bidang itu dan mendapat gaji yg memadai jadi hidup mrk bisa sejahtera,” ungkapnya.

Selanjutnya Davina Veronica pun menyentil Raffi Ahmad, “Dengan segala hormat dan keyakinan bahwa anda beritikad baik. Tapi dengan hal-hal yang kami utarakan di atas. Jika anda masih terus akan melanjutkan niat tsb. Pertanyaan besarnya adalah: dengan kesadaran tsb, sanggupkah anda utk melanjutkan rencana tsb dan/ atau tegakah anda mengorbankan hewan-hewan tsb untuk hidup terkurung di kandang dan ditangani oleh orang-orang yang tidak jelas komitmennya thd kesejahteraan hewan-hewan tsb setiap harinya untuk jangka yg sangat panjang? Pernahkah anda meninjau langsung berbagai hewan yang dipelihara di bonbin2 di Indonesia?”

Baca juga:  Nagita Slavina Nangis Karena Dengar Curahan Hati Raffi Ahmad

Kritik yang ditulis Davina Veronica itu selanjutnya diikuti dengan saran yang ditujukan pada Raffi Ahmad. Sarannya adalah membatalkan rencana pembangunan kebun binatang dan mengalihkan dananya untuk membangun taman kota, karena taman kota justru lebih dibutuhkan dibandingkan kebun binatang.

Kritik yang ditulis Davina Veronica untuk Raffi Ahmad tersebut dibanjiri komentar dan pujian dari netizen serta publik figur, seperti Oscar Lawalata dan Miss Universe Indonesia 2013 Whulandary Herman. (*)