Dicibir Sebagai Bekas Koruptor, Angelina Sondakh: Aku Berterima Kasih Masih Dihina

Angelina Sondakh

Angelina Sondakh akhirnya kembali muncul ke layar kaca pasca bebas dari penjara bulan Maret 2022. Akan tetapi, bukan sambutan yang ia terima. Istri dari almarhum Adjie Massaid ini menjadi bulan­-bulanan warganet sebagai koruptor.

Banyak orang mengecap dia sebagai maling uang rakyat karena keterlibatannya dalam kasus korupsi Hambalang. Kendati demikian, mantan Puteri Indonesia 2001 ini berusaha tenang menghadapi situasi tersebut.

“Wajar sih, karena memang kan… artinya aku juga enggak mau menghakimi mereka. Karena lebih baik aku mengoreksi diriku sendiri saja. Aku berterima kasih masih dihina,” ungkapan saat menjadi bintang tamu di channel YouTube Maia Al El Dul TV, Selasa 12 April 2022.

Angelina Sondakh nampak enggan merespon dengan panjang lebar terkait hinaan yang ia dapat. Ibu dari Keanu Massaid ini juga mengaku jika dirinya hanya ingin introspeksi dan memperbaiki diri.

Bentuk Pengguguran Dosa

aaliyah massaid dan angelina sondakh 2352

Setelah menjalani hukuman 10 tahun penjara lamanya, publik tidak seketika lupa dengan kasus mega korupsi yang dilakukan Angelina Sondakh. Perempuan kelahiran Australia ini selalu diasosiasikan dengan kasus tersebut.

Kendati demikian, Angelina Sondakh berharap jika hinaan yang diterima adalah jalan untuk menghapus dosa-dosanya. “Insyaallah dengan hinaan itu akan menghapus dosa-dosaku yang masih tertinggal. Mudah-mudahan dengan cercaan-cercaan mereka, aku masih terus dibersihkan oleh Allah SWT dan mengingatkan terus bahwa sesungguhnya aku hanya manusia biasa,” lanjutnya.

Angelina Sondakh Ingin Tobat

Angelina Sondakh membacakan surat Al Baqarah sambil menjelaskan jika hinaan merupakan bentuk teguran. Dan itu, pertanda Tuhan  masih menyayanginya.

Pada kesempatan yang sama, perempuan kelahiran 28 Desember 1977 ini berkata, ““Jadi mungkin dengan hinaan dan cercaan orang-orang begitulah Allah ingin menyayangi aku karena nggak mau aku terbuai dengan panggung yang besar. Sehingga aku tetap merunduk dan meyakini bahwa hidup ini tujuannya cuma satu, ke atas saja”.

Dirinya juga menegaskan kalau ingin tobat sepenuhnya. Pilihannya untuk memperkuat iman, membuat ia merasa baik hinaan maupun hukuman penjara tidak lagi menjadi karma bagi dirinya.

Hanya Bisa Mengontrol Diri Sendiri

Angelina Sondakh merasa jika dirinya tidak akan mampu mengontrol komentar orang lain termasuk warganet Indonesia. Dengan demikian, dia hanya ingin belajar mengontrol hatinya menjadi lebih sabar menghadapi semua cobaan.

“Yang bisa gue kontrol adalah hatiku. Mudah-mudahan hatiku tidak menghina orang lain. Tidak mencerca orang lain. Kalau orang lain ke saya itu enggak apa-apa. Yang penting jangan saya ke orang lain,” ungkapnya dengan lembut.

Sudah Sering Tuhan Menutup Aibnya

Keputusan untuk aurat bagi dirinya juga tidak mudah mengingat kedua orang tuanya adalah nasrani. Angelina melalui proses belajar yang lama selama dipenjara. Sampai ia akhirnya yakin bahwa selama ini Allah terlalu banyak menutup aibnya, sehingga menutup aurat dengan pakaian tertutup bukanlah hal sulit.

Sebab sudah terbukanya aib yang dia miliki, Angelina justru merasa lega karena tidak perlu menunggu bagasi karma. “Dan aku merasa nggak punya bagasi karma lagi karena bagasi karmaku sudah berjalan,” sambungnya.

Belajar Fikih di Lapas

Selama menjalani hukuman di lapas, dia banyak belajar mengenai fikih agama Islam. Di Rutan Pondok Bambu Jakarta tersebut, tepatnya setelah mendalami agama selama empat tahun, Angelina memutuskan diri untuk menggunakan hijab.

Baca Juga : Dewi Perssik Tanggapi Fitnah Aborsi yang Menimpanya, Tidak Mau Main-Main

“Aku di tahun ketiga atau empat. Jadi ada pelajaran fiqih juga di lapas. Jadi kami berusaha untuk mengkaji Islam secara teori yang benar-benar kita praktekkan,” terangnya kepada Maia Estianty.

Menjadi Moderat

Dengan orang tua yang dua-duanya bukan muslim, Angelina Sondakh harus bersikap moderat. “Tapi kiblatnya aku sih moderat. Karena ayahku Nasrani kan, jadi aku enggak mungkin menghilangkan orangtua dalam kehidupan aku dan mengabaikan mereka,” ungkapnya.

Selama ini hanya orang tuanya yang rutin menjenguk Angelina Sondakh selama di penjara. Hal ini membuat Angelina semakin sayang pada ayah ibunya.

“Aku harus bisa menempatkan diri sementara orang tua aku tuh, sangat sayang sama aku. Merekalah yang tertinggal, yang datang setiap minggu dua kali tiga kali tuh orang tuaku,” katanya.

Meski sempat syok melihat anaknya berhijab, namun Angelina Sondakh mengaku jika ayahnya sudah bisa menerima dirinya saat ini.

 

You May Also Like

About the Author: Yodik