Andika Mahesa

Dinilai Melecehkan Andika Mahesa, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Terancam Somasi dan Denda 1 Miliar Rupiah

Posted on

Seleb Indo – Nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan tengah hangat diperbincangkan publik. Baik Tri Suaka maupun Zidan acapkali viral karena ciri khasnya membawakan ulang lagu milik para penyanyi kondang. Sedangkan Tri Suaka merupakan penyanyi asal Baturaja yang pernah viral karena membawakan lagu asal Malaysia, ‘Buih Jadi Permadani’.

Baru-baru ini mereka habis diserang oleh warganet tanah air. Pasalnya, Tri Suaka dan Zidan dinilai melecehkan salah satu penyanyi terkenal, Andika Mahesa.

Andika Mahesa sendiri merupakan vokalis Kangen Band. Meski band yang tenar di tahun 2000-an ini telah bubar, namun lagu-lagunya masih didengar oleh banyak orang hingga saat ini.

Tak terkecuali, Tri Suaka dan Zinedin Zidan. Berniat membuat konten, mereka membawakan lagu Kangen Band dengan asal-asalan. Sambil cengengesan, keduanya menyanyikan lagu tanpa ada perasaan bersalah.

Video yang sempat viral di TikTok (22/4/2022) itu ramai-ramai dicerca oleh netizen. Bahkan, warganet pun tak tanggung-tanggung melakukan dislike pada unggahan cover lagu yang dikeluarkan oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan itu.

Dinilai Melecehkan Andika Mahesa

Andika Kangen Band Unggah Video saat Konser Usai Dihina Tri Suaka - Nawacita

Potongan video yang berdurasi 40 detik itu memperlihatkan kondisi keduanya. Tri Suaka dan Zinedin Zidan nampak menyanyikan lagu Kangen Band ‘Selingkuh’.

Tri Suaka mengenakan kaos putih dan memainkan gitar. Sedangkan Zidan mengenakan kaos hitam panjang. Bernyanyi di suatu ruangan dengan santai.

Baca juga:  Respon Andika Kangen Band Soal Parodi Tri Suaka dan Zidan: Semoga Cepet Sadar

Keduanya menyanyikan lagu Kangen Band sambil tertawa. Zidan beberapa kali menutup mulutnya, meski tetap bernyanyi. Tri dan Zidan terlihat tak kuat menahan tawa.

Warganet menilai aksi keduanya sama sekali tidak sopan. Mengingat Andika Mahesa maupun Kangen Band merupakan senior mereka dalam bermusik. Terlebih lagu ‘Selingkuh’ yang mereka bawakan familiar di kalangan warganet.

“Jujur ya, aura dan karya-karyanya bang Andika dapet kok. Tapi dulu juga kadang suka gengsi mengakui. Padahal enak-enak banget didengar,” tulis akun @ngemildoyan*** pada Jumat, 22 April 2022.

“Nah, kan. Mula keluar sifat sombongmu merendahkan orang lain tanpa berkaca. Ayo berkaca yo, bahwa salah satu sebab kamu terkenal karena karya orang lain,” lanjut @anjuan*****.

Tak hanya itu, aksi keduanya dalam mengcover lagu Kangen Band kali ini juga dianggap melecehkan. Meski menirukan gaya Andika Mahesa saat bernyanyi di panggung, namun keduanya melakukan semua itu dengan berlebihan.

Disomasi

Aksi warganet mencerca cover lagu Tri Suaka dan Zinedin Zidan itu diketahui oleh Forum Komunikasi Artis Minang (FORKAMI). Pihak FORKAMI merespon dengan serius skandal ini.

Baca juga:  Respon Andika Kangen Band Soal Parodi Tri Suaka dan Zidan: Semoga Cepet Sadar

Bahkan, FORKAMI sendiri telah melayangkan somasi pertama pada Tri Suaka dan Zinedin Zidan. Secara tegas pihak FORKAMI mengharuskan keduanya meminta maaf pada Andika Mahesa dan para fans Kangen Band.

Respon tegas ini disampaikan oleh Ketua Advokasi FORKAMI, Arianto. Dalam wawancaranya di Tanah Abang, Jakarta Barat 22 April 2022 ia menyampaikan, “Memberikan somasi pada Tri Suaka dan Zinedin Zidan agar meminta maaf kepada seluruh fans lagu Melayu, khususnya kepada vokalis Kangen Band, Andika Mahesa.”

Ditunggu Hingga 3 Hari

Pihak FORKAMI benar-benar tegas merespon isu ini. Mereka tak tanggung-tanggung memberikan kritik keras pada aksi Tri Suaka dan Zinedin Zidan saat membawakan lagu Selingkuh.

“Itu bukan improve. Itu seperti meledak. Sebagai sesama seniman harusnya saling menghargai,” ucap Arianto pada awak media.

Arianto sendiri mengaku telah menyaksikan video cover itu. Menurutnya itu bukanlah hal yang tepat melakukan improvisasi, sehingga terlihat jelas tidak pantas. Oleh karena itu, pihaknya menekankan saling menghargai antar penyanyi.

FORKAMI memberikan waktu 3 hari bagi Tri Suaka dan Zidan untuk memberikan klarifikasi. Mereka menuntut permintaan maaf keduanya pada penggemar maupun Andika Mahesa. Karena perbuatan tak sopan itu, keduanya diberi peringatan.

Baca juga:  Respon Andika Kangen Band Soal Parodi Tri Suaka dan Zidan: Semoga Cepet Sadar

Di samping perminta maafan, Baik Zidan dan Tri terancam mendapatkan somasi dan diharuskan membayar royalti sebesar 1 miliar rupiah.

“Memberikan waktu selama 3 hari. Jika tidak kunjung memberikan maaf, kita akan melanjutkan ke royalti,” tutur Arianto.

Perlu diketahui, walaupun Tri Suaka dan Zidan telah meminta maaf pada publik dan Andika Mahesa, keduanya akan tetap diminta pembayaran royalti. Pihak FORKAMI menjelaskan tuntutannya, karena Tri Suaka dan Zidan kerap kali meng-cover lagu dari penyanyi lain  tanpa izin.