Gaga Muhammad

Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun, Ini Komentar 2 Keluarga

Posted on

Gaga Muhammad akhirnya divonis hukuman 4,5 tahun penjara ditambah denda sebesar Rp.10 juta. Jika denda tersebut tidak dibayar, maka diganti kurungan selama dua bulan.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri, Jakarta Timur pada hari Rabu (19/1/2022). Dengan demikian vonis yang dijatuhkan sama dengan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sebagaimana diketahui, kasus yang menjerat pemilik nama Gaung Sabda Alam Muhammad ini adalah kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dirinya dan kekasihnya, Laura Anna yang terjadi pada bulan Desember 2019.

Karena kecelakaan itu Laura Anna menderita spinnal cord injury atau cedera syaraf tulang belakang yang membuatnya menderita kelumpuhan sebelum akhirnya meninggal dunia pada 15 Desember 2021 yang lalu.

Keputusan Majelis Hakim Kepada Gaga Muhammad

Dalam sidang pembacaan putusan terhadap Gaga Muhammad, Majelis Hakim menilai Gaga terbukti telah lalai dalam berkendara sehingga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Karena itu dalam putusan yang dibaca Hakim Ketua, Lingga Setiawan, Majelis Hakim mengabulkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan mengemudikan kendaraan bermotor karena kelalalaiannya menyebabkan korban luka berat,” kata Lingga.

“Menjatuhkan pidana penjara kepada Gaung Sabda Alam Muhammad pidana hukuman penjara empat tahun enam bulan dan denda Rp 10 juta, dan jika tidak dibayar maka diganti kurangan dua bulan,” tambah Hakim Ketua.

Baca juga:  Sebelum Meninggal 3 Selebritis ini Titip Pesan Lewat Podcast Denny Sumargo

Dalam sidang putusan tersebut juga dibacakan hal-hal yang memberatkan hukuman Gaga Muhammad.

Menurut Majelis Hakim, Gaga memang sempat menyampaikan rasa penyesalannya atas kecelakaan lalu lintas yang membuat kekasihnya menderita kelumpuhan. Namun, di sisi lain Majelis Hakim tidak melihat adanya penyesalan pada diri Gaga Muhammad atas perbuatannya.

“Yang memberatkan, terdakwa di persidangan menyampaikan penyesalannya dan rasa bersalahnya, Namun, majelis hakim tidak melihat konsistensi atas pernyataan tersebut,” kata Majelis Hakim.

Sebaliknya, Gaga Muhammad dinilai justru berusaha mencari kesalahan korban. Hal itulah yang membuat Majelis Hakim tidak melihat adanya kesungguhan pada diri Gaga atas penyesalan yang disampaikannya.

“Di persidangan terdakwa tidak menunjukan rasa bersalahnya. Terdakwa malah berusaha mencari unsur kealpaan dan kelalaian serta akibat luka berat yang dialami korban adalah bagian dari kesalahan korban sendiri, yaitu tentang korban tidak menggunakan sabuk pengaman,” ungkap Majelis Hakim.

Tidak hanya itu, Gaga Muhammad juga tidak menunjukkan Iktikad baiknya untuk memberikan bantuan kepada keluarga Laura Anna atas kecelakaan yang diakibatkan oleh dirinya.

“Terdakwa tidak memberikan bantuan materi apa pun atau iktikad baik membantu korban keluarganya menghadapi kelumpuhan yang dialami korban, sehingga keluarga korban menuntut kompensasi kerugian sebesar Rp 12,6 miliar,” tutur Majelis Hakim.

Baca juga:  Dengar Gaga Muhammad Mengajukan Banding, Keanu Agl Nggak Habis Pikir

Satu lagi hal yang memberatkan hukuman Gaga Muhammad adalah dia meminum minuman beralkohol yang membuatnya mabuk dan hal tersebut tidak sesuai dengan agama yang dianut terdakwa.

Sedang pertimbangan yang meringankan hukumannya adalah usia Gaga yang masih muda dan masih dapat memperbaiki perbuatannya.

Tanggapan Dua Keluarga

Menanggapi vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim, Ibunda Gaga Muhammad, Janariyah menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh keluarga menerima keputusan itu jika hal tersebut memang yang terbaik.

“Santai saja. Kami tidak akan pernah sakit hati apa pun, kalau ini memang hukuman yang terbaik.”

Menurutnya, semua yang terjadi merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anaknya. “Ini pelajaran yang sangat berharga buat dia. Gaga harus ambil hikmahnya. Jadi, kami santai saja,” kata Janariyah

Selain itu dia juga menyinggung keluarga Laura Anna. Baginya, yang paling penting keluarga mendiang Laura Anna merasa puas atas vonis yang dijatuhkan hakim.

“Yang penting, kan, puas. Itu yang diinginkan,” tuturnya. “Jadi, Gaga dapat pengadilan di dunia, Laura dapat pengadilan di sana, begitu.”

Janariyah juga menyampaikan jika anaknya, akan ikhlas menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya. “Insyaallah dia akan menjalani dengan ikhlas, apa pun itu. Dia masih muda, kok,” katanya usai sidang pembacaan putusan.

Baca juga:  Keanu AGL Bongkar Fakta Hubungannya Selama Ini Dengan Laura Anna

Sementarar itu, Kakak Laura Anna, Greta Irene menyampaikan rasa puasnya atas vonis Majelis Hakim yang dijatuhkan kepada Gaga Muhammad. Dia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Majelis Hakim karena telah memberikan keadilan.

“Cukup puas dengan vonis yang Pak Hakim berikan. Dia (hakim) yang paling mengerti dan paling tahu,” ucap Greta seusai sidang pembacaan putusan.

Ucapan terima kasih tersebut tidak hanya dia sampaikan di hadapan para wartawan, tapi juga dia tulis di Instagram Storynya pada Rabu (19/1/2022).

“Aku mewakili keluarga, berterima kasih kepada hakim dan jaksa. Terima kasih sudah memberikan keadilan untuk Laura Anna,” tulis Greta Irene.

Terkait vonis yang telah dijatuhkan Majelis Hakim, meskipun Janariyah mengaku ikhlas saat ditanya oleh awak media, namun Kuasa Hukum Gaga Muhammad menyatakan masih pikir-pikir, apakah akan mengajukan banding atau tidak. (*)