images 53 3

Kembali Ditangkap, Kasus Dokter Richard Lee Memasuki Babak Baru!

Posted on

Penangkapan (lagi) atas kasus Dokter Richard Lee kembali menuai banyak simpati netizen. Siapa yang tidak mengenal dokter kecantikan yang fenomenal ini? Dr. Richard Lee tidak hanya memiliki klinik kecantikan yakni Athena saja. Namun, dirinya juga salah satu Youtuber ternama. Sebab, dokter yang satu ini sering mengupload video review skin care. Sehingga, banyak penonton yang terbantu tentang apa saja kandungan di dalam sebuah skin care.

 

Sayangnya, dirinya tersandung kasus hukum ketika berseteru dengan salah satu artis yakni Kartika Putri. Dimana Kartika sendiri sudah jarang muncul di layar kaca semenjak dirinya hijrah dan menjadi istri Habib. Sayangnya, Kartika yang kala itu menjadi salah satu BA (brand ambassador) salah satu produk skincare lokal tidak terima dengan dokter Richard. Karena, menurut Dokter Richard sendiri, skincare tersebut tidak aman karena mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kulit.

 

Perseteruan ini seolah-olah tidak kunjung usai. Dimana Kartika merasa dipojokkan dan merasa Dokter Richard tidak seharusnya membuat pernyataan tersebut. Karena menurutnya, skincare yang menaungi dirinya tersebut sudah lukis uji BPOM. Pastinya sudah aman digunakan. Dan, semenjak kasus Dokter Richard Lee dengan Kartika ini, ada banyak masalah yang menimpa dirinya beserta keluarga.

 

Kasus Dokter Richard Lee Kembali Mencuat

Kasus dokter Richard Lee

Setelah sebelumnya heboh penangkapan Dokter Richard Lee do tanggal 11 November 2021. Ternyata dokter kecantikan ini kembali ditangkap hari Senin 27 December 2021. Tentu saja penangkapan sang suami oleh pihak berwajib ini membuat Renie sang istri berduka. Bagaimana tidak, semenjak sebulan sebelumnya suaminya ditangkap paksa dan kali ini ternyata dilakukan lagi penjemputan. Kabarnya, penangkapan kali ini berhubungan dengan kasus illegal access.

 

Lantas, akses ilegal apa yang sudah dilakukan oleh pemilik klinik Athena ini? Menurut pihak kepolisian yang diwawancarai tanggal 27 Desember 2021 yakni Kombes Pol Endra Zulpan. Beliau menyatakan jika dokter ini diketahui melakukan akses ilegal ke akun Instagram pribadi miliknya yang sebelum ini sudah disita pihak kepolisian. Akun miliknya tersebut dinyatakan kembali diakses dengan cara ilegal dan menghapus video bukti.

 

Dimana kita ketahui kasus Dokter Richard Lee yang dilaporkan oleh Kartika pada tahun lalu. Richard dilaporkan oleh Kartika dengan tuduhan pencemaran nama baik. Namun, sampai sekarang belum ada penahanan langsung karena berkas-berkas kasus masih disusun. Bahkan, pihak Richard sendiri sudah menawarkan penyelesaian secara kekeluargaan. Namun, tawaran dan permohonan maaf tersebut tidak direspon baik oleh pihak Kartika.

Ditangkap, Bukan Ditahan

images 52 4

Ketika banyak berita yang menyatakan kasus Dokter Richard Lee ini adalah tentang penahanan. Padahal, menurut kuasa hukumnya, Razman Arif Nasution menyatakan sang kliennya tersebut hanya ditangkap bukan ditahan. Penangkapan ini dilakukan karena berkas sudah lengkap atau P-21. Dan selanjutnya Razman juga mengatakan jika klien akan mengajukan pembelaan dan penangguhan penahanan. Hal ini dikonfirmasi saat ditanyai wartawan pada tanggal 28 Desember 2021.

 

Bahkan menurut kuasa hukumnya, Richard tidak ada niat untuk menghilangkan barang bukti atau sengaja melakukan akses ilegal. Walaupun demikian, status Richard sudah ditetapkan menjadi tersangka. Dan dirinya terjerat Pasal 30 jo 46 Undang-undang ITE dan Pasal 231 dan atau Pasal 221 KUHP. Kasus Dokter Richard Lee ini kemungkinan akan berakhir dengan hukuman 8 tahun penjara.

Ingin Mengedukasi dan Istri Meminta Mohon Pertolongan

fdpcbycypb8y24hporwu 19059

Sebenarnya, Dokter kecantikan ini membuat konten review skin care di kanal Youtube miliknya dengan alasan edukasi. Sehingga, dirinya tidak mau banyak orang yang mengalami kerusakan wajah akibat penggunaan kosmetik berbahan dasar berbahaya. Namun sayangnya, banyak yang merasa terusik dengan konten edukasi miliknya tersebut. Padahal, dirinya memang menguji coba semua skincare yang ia review.

 

Jadi, jangan heran jika ada banyak temuan bahan berbahaya walaupun label produk sudah lulus BPOM. Penahanan yang dilakukan atas suaminya ini membuat sang istri meminta pertolongan. Menurut istri Richard, penangkapan yang dilakukan pada suaminya tidak setimpal dengan perlakukan yang dilakukan oleh suaminya tersebut. Bahkan tak tanggung-tanggung, dirinya juga menandai Presiden Jokowi pada unggahan Instagram terbaru miliknya. Hal ini dilakukan demi mendapatkan keadilan atas kasus Dokter Richard Lee yang dirasa tidak adil. (*)