Kim Hye Soo
Kim Hye Soo

Kim Hye Soo Tuai Pujian dari Mantan Hakim, Begini Pandangan Drama ‘Juvenile Justive’ Dari Sudut Pandang Hukum

Posted on

Drakor Update – Drama ‘Juvenile Justice’ sedang ramai akhir-akhir ini. Drama ini juga berhasil masuk ke posisi 10 besar di daftar acara Netflix global yang paling populer. Drama yang dibintangi oleh aktris Kim Hye Soo itu meraih posisi kedua di Netflix Indonesia pada tanggal 5 Maret 2022.

Drama ‘Juvenile Justice’ membahas kejahatan anak remaja yang semakin brutal seiring perkembangan jaman, tetapi biasanya si pelaku tak terkena hukuman serius.

Cerita ini berpusat pada tokoh Shim Eun Seok (diperankan Kim Hye Soo) yang keluar dari kebiasaan membebaskan anak dibawah umur dari perilaku kriminal. Ia pun berusaha menghukum mereka dengan caranya sendiri.

Drama ‘Juvenile Justice’ Menggambarkan Situasi Hukum Dengan Baik

Juvenile Justice Kim Hye Soo
Juvenile Justice Kim Hye-soo as Sim Eun-seok in Juvenile Justice Cr. Swann Studio/Netflix © 2022

Belakangan ini, Kim Hye Soo, pengarang Kim Min Seok, professor kriminologi Park Ji Sun dan Danie Lindeman, serta mantan hakim Jung Jae Min berkumpul di acara Twitter Blue Room Live. Live itu langsung ditonton 820 ribu warganet Twitter.

Dalam live itu, mereka berdiskusi soal kejahatan remaja yang dibahas di drama ‘Juvenile Justice’.

Karena aksi Kim He Yoo dan Kim Moo Yeol (pemeran tokoh Cha Tae Joo) yang memukau, hakim Jung Jae Min pun memberi pujian untuk mereka.

Baca juga:  Pemeran Drakor Island, Lee Da Hee Cedera Leher Saat Jalani Adegan Laga

“Hakim itu seperti Cha Tae Joo dan Shim Eun Seok. Rasanya dua tokoh itu realistis dan menciptakan kesan hubungan yang berlawanan. Mereka membuat orang-orang emosi karena aktingnya,” tutur mantan hakim Jung Jae Min.

Jung Jae Min pun menjelaskan cara kerja hakim di dunia nyata. Ia senang bisa melihat pekerjaan hakim di drama ‘Juvenile Justice’ yang mirip dengan realitanya.

Selain itu, perilaku Shim Eun Seok yang menaruh foto korban di depannya itu juga menarik perhatian Jung Jae Min.

“Kenyataannya dalam pengadilan, hakim itu cuma menghadapi orang-orang yang diteliti sebagai pelaku. Senang sekali bisa melihat (Shim Eun Seok) adegan yang mengatur penilaian dengan foto korban,” kata Jung Jae Min.

Lalu, ahli psikologi kriminal, professor Park Ji Sun juga menjelaskan kesannya soal drama ‘Juvenile Justice’ dari sudut pandang praktisi hukum. Profesor membicarakan permasalahan yang digambarkan secara baik di drama ini.

“Karya ini membuat penonton berpikir soal bagaimana cara melakukan pendekatan kejahatan remaja dilihat dari sejumlah kasus dan sudut pandang hakim,” ujar Park Ji Sun.

Ada satu hal yang menurut Park Ji Sun dijelaskan secara baik, yaitu tentang konsep kejahatan remaja.

Ada perbedaan-perbedaan mencolok dari kejahatan yang dilakukan anak-anak atau orang dewasa. Orang dewasa biasanya kabur saat melakukan kejahatan, tetapi anak-anak biasanya tetap tinggal di lingkungannya.

Baca juga:  The Red Sleeve Romansa Cinta Kerajaan Mendapat Rating Tertinggi

“Ada satu hal yang dijelaskan baik di drama ini, yaitu tentang hubungan kaki tangan. Tak seperti orang dewasa, remaja kemungkinan besar punya kaki tangan dalam melakukan kejahatan,” terang Park Ji Sun.

“Dalam suatu kelompok, anak-anak yang lebih lemah biasanya dimanfaatkan. Penting untuk memutuskan hubungan kaki tangan ini,” sambung Park Ji Sun.

Ahli hukum lainnya pun membuat kesimpulan yang hampir mirip. Mereka menegaskan kalau kejahatan remaja adalah masalah masyarakat dan tak bisa diperbaiki begitu saja kalau tidak ada perubahan sistem.

Inilah Sejumlah Dialog Kim Hye Soo ‘Juvenile Justice’ Yang Ikonik

Dibintangi Kim Hye Soo, Drama Baru Netflix 'Juvenile Justice' Ramai Jadi  Perbincangan | Juvenilejustice - Kimhyesoo

Drama ‘Juvenile Justice’ menarik perhatian penonton karena alur cerita dan akting yang bagus dari para pemain.

Dalam drama ini ada sejumlah dialog yang sangat keren.

Dialog pertama adalah dari hakim yang badass, Shim Eun Seok (diperankan Kim Hye Soo). Ia berkata, “Kita perlu tunjukan ke mereka kalau hukum itu sangat keras! Kita perlu mengajari mereka kalau kamu melukai seseorang, kamu pun harus menanggung konsekuensinya,”

Tidak hanya tegas, Shim Eun Seok tak tanggung-tanggung memberikan hukuman berat terkait kejahatan remaja. Rekannya, Cha Tae Joo (diperankan Kim Mu Yeol) sampai bertanya kenapa wanita itu sangat dendam dengan remaja. Shin Eun Seok membalas kalau hukum itu tak boleh dilonggarkan meskipun pelaku masih dibawah umur.

Baca juga:  Kisah Cinta Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri Belum Kelihatan, Fans Buat Teori Ending Drama ‘Twenty Five, Twenty One’

Kemudian dialog lainnya datang dari seorang anak.

“Aku dengar anak-anak di bawah umur 14 tahun tak bisa masuk penjara meskipun mereka membunuh seseorang,” ucap Seong U (diperankan Lee Yeon).

Kasus pembunuhan yang dilakukan seorang anak bernama Seong U memang sangat sadis sampai membuat Ibu korbannya sangat sedih.

Dialog berikutnya adalah dari Shim Eun Seok lagi.

“Orang baru mengekspos sifat aslinya saat terpojok, karena itulah manusia kejam,” ucap sang hakim, memberitahu Ibu Seong U yang tak sadar kalau putranya salah setelah membunuh anak berumur 9 tahun.