images 65 6

Sederet Kontroversi Oki Setiana Dewi, Dari Simpanan Hingga Normalisasi KDRT

Posted on

Ramai tuai kecaman akibat isi dakwah miliknya yang kontroversial, ternyata Oki Setiana Dewi sudah mengalami sederet kontroversi lainnya. Dirinya bahkan menjadi salah satu dari beberapa daftar ustazah yang dianggap kontroversial. Walaupun sebenarnya Oki sendiri adalah salah satu seleb yang sering terlihat di layar kaca dahulu. Tapi, berikut kontroversi Oki Setiana Dewi yang pernah memanas dan mencuat di kalangan publik. Penasaran kan apa saja? Nah, ini dia berita tentang kakak pertama dari Youtuber Ria Ricis.

Dianggap Pembohongan Publik

 

Kontroversi Oki Setiana Dewi yang pertama adalah tentang tugasnya sebagai seorang pendakwah wanita. Memang pada dasarnya tidak ada larangan untuk siapapun memberikan dakwah atau ilmu pada khalayak ramai. Hanya saja, Oki dianggap seorang penipu karena memalsukan background pendidikan yang ia miliki. Wanita yang sibuk mengurus Yayasan Maskanul Huffadz ini dianggap sudah melakukan pembohongan publik tentang status pendidikan miliknya. 

 

Pada tahun 2016 silam, ada petisi yang membuat Oki harus menghapuskan gelar ustazah yang ia miliki. Sebab, dirinya diketahui tidak kuliah di Universitas Ummul Quro. Dan tentu saja, ilmu tentang hadits dan agama yang ia miliki dinilai masih sangat kurang. Dan benar saja, sejumlah akun gosip bahkan memberikan paparan bukti dimana Oki hanya sedang berlibur bukan melakukan short course (kuliah pendek) seperti yang diperbincangkan.

Baca juga:  Pihak MUI Komentari Oki Setiana Dewi Tentang Normalisasi KDRT Yang Viral

 

Namun, kala itu Oki berdalih dimana ia tidak pernah merasa ingin dipanggil sebagai ustazah. Dirinya hanya ingin dikenal sebagai seorang pendakwah wanita saja. Karena dirinya juga mengakui jika ilmu yang ia miliki masih dangkal dan tidak layak dipanggil ustazah.

Istri Simpanan

Kontroversi Oki Setiana Dewi

Bahkan, tidak hanya itu satu-satunya masalah yang dimiliki oleh pendakwah ini. Anak sulung dari keluarga Ria Ricis ini juga pernah diberitakan sebagai istri siri atau simpanan Almarhum Uje atau ustad gaul. Isu ini berhembus pada bulan Mei 2021. Bukan tanpa sebab mengapa isu tersebut beredar di kalangan publik. Karena, mantan istri Uje yakni Umi Pipik sendiri yang memulainya.

 

Dimana kala itu, Umi Pipik sapaan akrab istri Uje mengatakan jika suaminya dulu pernah menikah siri. Dan, menurutnya lagi mantan istri siri almarhum Uje ini ada dari kalangan artis (publik figur). Dan, ini lah salah satu alasan mengapa Oki dianggap sebagai orang yang dimaksud oleh Umi Pipik. Sayangnya, isu ini belum terbukti dan juga dibantah oleh Oki sendiri. Dirinya mengaku kenal dengan Umi Pipik serta Ustad Uje namun hanya sebagai mentor atau guru agamanya saja. Jadi, tidak ada hubungan spesial diantara mereka.

Baca juga:  Memiliki Subscriber Terbanyak Se-Asia Tenggara, Ternyata Ini Alasan Ria Ricis Jadi YouTuber

Plagiat Desain Gamis dan Hijab

 

Tidak hanya sampai disitu saja ternyata kontroversi Oki Setiana Dewi ini. Masih tentang usaha yang ia geluti. Dimana dirinya memiliki bisnis baju gamis dan hijab syar’i. Namun, tetap saja mendapatkan petisi karena ada brand lain yang memiliki produk sama bahkan desain yang digunakan oleh produk Oki terlihat sama persis. Karena ini, tentu saja Oki dituduh sebagai plagiat desain.

Sindiran Di Dalam Dakwah

 

Bahkan, sebagai salah satu pendakwah kondang, ceramah yang diberikan oleh Oki banyak disimpan dan tersebar luas. Namun, salah satu postingan dakwah yang dia berikan mendapatkan hujatan oleh para netizen. Dimana di dalam video tersebut terlihat Oki sedang menasehati dan menggolongkan jenis manusia. Dan tentu saja diduga ini adalah sindiran terhadap sang adik yakni Ria Ricis. Dimana Ria Ricis sering kali membuat banyak video “gimmick”.

 

“Ada jenis orang yang yang sedikit-sedikit masalah hidupnya diposting di sosial media. Kenapa? cari perhatian ya, jadi posting-posting di sosial media. Dikit-dikit masalah rumah tangga diposting di sosial media. Dikit-dikit apa-apa diposting di sosial media” ujar Oki.

Baca juga:  Memiliki Subscriber Terbanyak Se-Asia Tenggara, Ternyata Ini Alasan Ria Ricis Jadi YouTuber

Menolak Vaksin 

images 67

Anak Oki yakni Maryam dan Khadeejah tidak diberikan vaksin oleh Oki. Padahal, pemberian vaksin pada bayi dan balita sudah menjadi salah satu program pemerinta. Dan akhirnya berdampak pada sang anak. Dimana akhirnya anak Oki terkena campak di tahun 2017.

Jalani Kehamilan Beresiko

 

Bahkan, kontroversi Oki Setiana Dewi lainnya adalah tentang kehamilan beresiko yang dijalaninya. Dirinya diketahui melakukan operasi caesar untuk 4 anaknya dengan jarak yang tergolong dekat.

Dianggap Normalisasi KDRT

 

Kontroversi Oki Setiana Dewi terbaru adalah dianggap menormalisasi KDRT pada dakwah yang ia sampaikan. Padahal, banyak yang mengatakan dirinya bisa menggunakan perumpamaan lain selain KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga tersebut. (*)