Kritikan Netter atas Penilaian Yuri SNSD pada Lee Seungeun dalam acara “My Teenage Girl”

Yuri SNSD

Korean Kpop – Yuri SNSD atau kerap dikenal Yuri member Girls Generation, baru baru ini menuai sorotan tajam K-Netz dan K-Popers. Kwon Yuri diketahui turut menjadi salah satu mentor dalam sebuah ajang pencarian bakat jebolan MBC, “My Teenage Girl”.

Selain menjadi mentor, Yuri SNSD juga didapuk menjadi hakim dalam program tersebut. Namun pada Minggu (12/12) kemarin, ia dikritik karena komentarnya yang tak berdasar.

Girls’ Generation member, Yuri diketahui aktif menjadi salah satu dari beberapa juri MBC My Teenage Girl sejak awal penayangan. Sepanjang beberapa episode acara ini berjalan, nampak tak ada konflik apapun diantara penanyangannya maupun performa para jurinya.

Tetapi pada penayangan 12 Desember lalu, enam peserta dari tahun ke-2 ini harus melewati eliminasi. Di momen ini, mentor tampak berdebat untuk membuat keputusan akhir siapa peserta pelatihan yang akan tereliminasi.

Diketahui program ini sudah masuk season kedua, yang mana enam kontestan dari tahun ke-2 akan tereliminasi. Dalam penayangan tersebut, tersisa trainee Lee Seungeun dan Lee Jiwon sebagai rival yang salah satunya menjadi kandidat terakhir untuk keluar dari program ini.

Saat keduanya tampil untuk terakhir kali, semua mentor terlihat sepakat bahwa Lee Seungeun menunjukkan penampilan dan bakat yang lebih baik daripada Lee Jiwon.

Baca juga:  10 Idol Kpop yang Pernah Bertingkah Aneh, Unik Ataupun Ngeselin

Namun, pada akhir pengumuman, Lee Seungeun menjadi peserta yang dinyatakan tereliminasi. Sontak hal ini membuat para peserta lain terlihat kaget dan tidak percaya. Pasca penayangan, warganet pun ramai mempertanyakan alasan mengeliminasi Lee Seungeun.

Yuri SNSD Dinilai Tak Punya Argumen Kuat dalam Eliminasi Kandidat

Yuri SNSD menjadi sorotan utama pasca eliminasi Lee Seungeun dari program ini karena ia sendiri berperan sebagai guru wali kelas.  Peran ini membuat Yuri SNSD memilki kesempatan untuk memberikan masukan dan saran kepada para kontestan yang dalam acara tersebut sebagai trainee member K-Pop Group. Kwon Yuri sendiri adalah member dari Girlgroup SNSD dengan posisi sebagai lead dance atau penari.

Yuri terakhir kali aktif bersama anggota grupnya di tahun 2018, dengan lagu Oh!GG dan lagu “Lil’Touch”. Di tahun 2018 juga, ia memulai solo karir sebagai penyanyi. Yuri merilis mini album pertamanya The First Scene.

Album tersebut berisi single utamanya “Into You”. Yuri juga berbakat dalam dunia drama dan akting. Yuri sempat membintangi beberapa drama, diantaranya Innocent Defendant (2017), Dae Jang Geum Is Watching (2018), dan Bossam: Steal the Fate (2021).

Baca juga:  10 Idol Kpop yang Pernah Bertingkah Aneh, Unik Ataupun Ngeselin

Acara pencarian bakat musik K-Pop My Teenage Girl ini memulai penayangannya pada November 2021.  Disiarkan melalui MBC, tersisa member trainee Lee Seungeun dan Lee Jiwon yang berada di posisi terbawah untuk tahap eliminasi. Keduanya sudah menampilkan penampilan terbaiknya, dan juri menyepakati Lee Seungeun menunjukkan kualitas penampilan yang lebih unggul daripada Lee Jiwon.

Akan tetapi Yuri memberikan pengumuman mengejutkan di akhir tayangan. Ia menyebutkan keputusan akhir Lee Seungeun menjadi orang yang tereliminasi. Sontak peserta yang lain pun turut terkejut dan berkomentar, “Ini tidak masuk akal.” Lee Seungeun seketika terkejut dan menangis.

Sebelum pengumuman akhir, Yuri sempat berdiskusi dengan mentor lainnya, dan ia mengatakan, “Pada akhirnya, kami akan menerima suara dari publik. Saya belum memilih Seungeun sejak awal. Dia tidak terlalu menarik perhatian saya. Kami membutuhkan member yang bisa mengumpulkan fans,” tegasnya. Dalam komentar Weverse, media sosial Korea Selatan, netizen mengkritik,”Kupikir Yuri harus menilai berdasarkan keterampilan,” tulisnya.

Banyak K-Netz dan K-Popers menyayangkan tindakan Yuri SNSD. Mereka menunjukkan rasa tidak senang dengan komentar Yuri SNSD yang dianggap menghakimi kontestan tanpa alasan yang jelas.

Melalui media sosial yang lain, netizen menyebut “Jika program ini hanya memilih pemenang seperti ini, mengapa mereka repot-repot membuat program audisi?,” tukas seorang netter. Selain itu beberapa lainnya menuliskan, “Saya pikir Yuri harus menilai berdasarkan keterampilan”, “Saya tidak mengerti mengapa Seungeun yang terliminasi,” sebut mereka.

Baca juga:  10 Idol Kpop yang Pernah Bertingkah Aneh, Unik Ataupun Ngeselin

Yuri menyebut, Lee Seungeun tidak memiliki wajah yang diharap akan menarik stan. Pada akhirnya, Yuri menjelaskan bahwa dalam setiap grup utamanya girl group, akan membutuhkan anggota yang memiliki visual Sdari sekedar keterampilannya untuk dapat menarik stan. Menurutnya, Lee Jiwon memang kurang dalam menyanyi namun ia memiliki visual yang dianggap lebih oke dari Lee Seungeun.

You May Also Like

About the Author: Yodik