Prilly Latuconsina Ingin Buka Pandangan Baru Soal Kesehatan Mental Dari Film “Kukira Kau Rumah”

Prilly Latuconsina

Film Terbaru – Tidak banyak diketahui, aktris tanah air Prilly Latuconsina ternyata punya masalah dengan kesehatan mentalnya. Hal ini diketahui Prilly Latuconsina saat dirinya menemui seorang psikolog.

Ia sebelumnya pernah mengaku bahwa dirinya menderita penyakit mental obsessive compulsive disorder (OCD).

Mantan pacar dari aktor Aliando Syarif itu berkata kalau keputusannya untuk konsul ke psikolog sudah diketahui oleh kedua orangtuanya.

Pengakuan itu dibeberkan oleh Prilly Latuconsina dalam salah satu di kanal YouTube Star Story pada tanggal 1 Februari 2022.

“Kalau aku pergi ke psikolog, dan cerita-cerita ke orangtua. Pastinya ini juga karena orangtua perlu dimengerti perasaannya kalau misalnya si anak pergi ke psikolog,” kata Prilly Latuconsina.

Prilly Latuconsina melanjutkan bahwa orangtuanya sempat kaget ketika mendengar soal kondisi anaknya itu.

“Mereka kaget waktu aku didiagnosa penyakit ini, tapi tidak apa-apa, ini bukan yang parah-parah banget, karena aku masih bisa bekerja,” ucap Prilly Latuconsina.

“Tapi kalau misalnya kambuh kadang bisa begini dan begitu, mereka nggak apa-apa kalau aku pergi ke psikolog sendiri buat konsultasi,” sambung Prilly.

Prilly Latuconsina mengakui bahwa komunikasi yang baik dengan kedua orangtuanya membuat dirinya tidak ragu dalam menceritakan soal penyakit mentalnya.

“Kayaknya aku berani bicara ke kedua orangtuaku itu karena aku tahu orangtuaku itu orangnya bisa nerima, dan juga komunikasi mereka ke aku sejak awal itu baik,” ujar Prilly.

Baca juga:  Sebelum Terkenal, Honor Artis Ini Cuma Segini

“Tapi, tetap saja, aku nggak tahu gimana kondisi orang-orang yang lain, cuma dengar-dengar dari para penyitas penyakit bipolar Indonesia kalau banyak kasus yang begitu,” tutur Prilly.

Hal ini dikatakan Prilly membuat para penyintas penyakit mental membantu komunitas dan mencari-cari support system lain.

Prilly Latuconsina Buat Film Yang Mengisahkan Mengenai Penyakit Mental

e61d5052c1334a11ded076f4cf9a35af

Diketahui bahwa Prilly mengambil peran dalam film “Kukira Kau Rumah” bersama dengan Umay Shahab.

Karena keduanya pernah memiliki pengalaman soal penyakit mental, mereka akhirnya bekerjasama untuk membuat film yang memiliki tema kesehatan mental.

Tetapi, film yang dimainkannya ini tidak menceritakan mengenai penyakit OCD yang dialaminya, tetapi tentang penderita penyakit bipolar.

“Soalnya, aku dan Umay itu sama-sama punya masalah kesehatan mental, dan waktu pandemi angka jadi naik, karena itu kita jadi semakin tergerak,” ujar Prilly.

Kemudian, Prilly Latuconsina sudah berniat kuat membahas masalah kesehatan mental dalam film ini karena ia bertujuan mengubah pandangan negatif masyarakat mengenai penyakit mental.

“Aku udah lihat perkembangannya, kalau kita biasanya jelasin dengan seminar atau live Instagram, itu yang nonton ada ribuan, susah kalau merubah stigma masyarakat yang memang udah nyepelin atau nganggep orang yang kena penyakit mental itu gila,” ucap Prilly.

Baca juga:  Prilly Latuconsina Kaget, Kukira Kau Rumah Tembus 51 Ribu Penonton Sejak Hari Pertama Tayang!

“Karena itu, aku mau bahas isu ini ke ranah yang lebih luas lagi, yang mana adalah film. Karena aku berharap ada banyak yang nonton,” pungkas Prilly Latuconsina.

Meskipun beberapa orang menganggap dirinya kelewat berani dan menilai tindakannya nekat, tetapi Prilly Latuconsina tetap ingin membuktikan pandangannya dalam film yang berjudul “Kukira Kau Rumah” ini.

Dalam film “Kukira Kau Rumah”, Prilly menjadi pemeran dan juga produser.

Film ini akan diproduksi oleh MD Picture dan Sinemaku Picture, memfokuskan pada penyakit mental bipolar disorder.

“Nah, kenapa kita bisa berani angkat cerita seperti ini? Itu karena sejak awal kita ada kerjasama dengan ‘Bipolar Care Indonesia’,” lanjut Prilly Latuconsina.

“Bahkan juga waktu lagi edit mentahannya, kita fgd bareng mereka-mereka,” sambung Prilly Latuconsina ketika berada di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan pada tanggal 31 Januari 2022.

“Bareng orang-orang yang berhubungan juga, habis itu penyintas bipolar ini memang dari lima menit nonton sudah nangis. Hal ini bikin aku khawatir, tapi ternyata mereka bilang ada beberapa adegan yang mereka jadi ke-trigger. Tapi itu nggak bakal bikin mereka merasa yang gimana-gimana,” jelas Prilly.

Baca juga:  Viral Di Medsos, Ini Sia Fakta Film Kukira Kau Rumah, Wajib Nonton!

Prilly Latuconsina yang memerankan tokoh Niskala mengaku bahwa film yang dibuatnya bersama sutradara Umay Sahab bisa menyampaikan perasaan pada para penyintas.

“Soalnya mereka merasa rasa aware yang kita buat di film ini penting. Mereka merasa relate dengan apa yang dialami Niskala,” ucap Prilly.

“Ketika mereka merasa bipolar, tapi ditahan-tahan, akhirnya malah dinilai nggak bisa kuliah dan ngelakuin hal-hal yang lain. Padahal, nggak begitu. Orang bipolar itu mampu, tapi mereka ada perubahan pada emosinya.” terang Prilly.

Film ini rencananya akan ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 3 Februari 2022.

You May Also Like

About the Author: Yodik