Big Bang

Raih Sukses, Inilah Sederet Fakta Comeback Big Bang di Lagu Baru Still Life

Posted on

Kabar terbaru datang dari salah satu boyband pesohor Korea Selatan, Big Bang. Boyband besutan YG Entertainment ini baru-baru ini merilis single mereka Still Life setelah hiatus selama 4 tahun.

Comeback terakhir mereka di tahun 2018 dengan single Flower Road cukup mengisakkan para penggemar. Meski tak merilis MV, namun lagu ini menjadi single terakhir sebelum hiatus begitu lama.

Boyband beranggotakan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung, dan Seungri (ex-member), Big Bang sukses meraih hati para penggemar. Terbukti lagu Still Life berhasil meraih Perfect All Kill di berbagai tangga lagu Korea Selatan.

Penggemar pun dibuat senang, momen yang mereka tunggu datang. Para member juga mengumumkan perilisan single tersebut di akun instagram masing-masing. Namun siapa sangka, di momen comeback kali ini Big Bang tidak memutuskan promosi ke acara musik manapun.

Big Bang Kembali Tanpa Seungri

035699800 1649086455 big

Kasus Burning Sun di tahun 2019 turut menyeret nama Seungri sebagai tersangka. Berawal dari laporan Kim Sang Kyo, pihak kepolisian Korea Selatan melakukan pengusutan fakta. YG Entertainment, agensi yang membesarkan Seungri, ikut diperiksa karena dugaan afiliasi dengan Burning Sun.

Baca juga:  Song Min Ho Member WINNER Mengaku Menderita Karena Idap Bipolar dan Anxiety Didorder

Tak berhenti disitu, kepolisian Korea Selatan terus melakukan penggalian fakta. Hampir dua tahun, Seungri menjalani proses investigasi dan sidang oleh Pengadilan Militer Korea Selatan.

12 Agustus 2021, hakim melakukan vonis pada Seungri. Ia dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun dan denda sebesar 1,1 miliar won (setara 14,2 miliar rupiah). Seungri dijerat oleh sembilan dakwaan, yakni kejahatan ekonomi khusus, kejahatan seksual, perjudian, pembelaan jasa prostitusi, hasutan kekerasan khusus, pelanggaran UU sanitasi pangan, serta pelanggaran UU valuta asing.

Kasus ini disebut-sebut menghancurkan karir Seungri di dunia hiburan. Hingga akhirnya, Seungri pun harus keluar dari Bigbang. “Saya telah merenungkan diri selama 3 tahun terakhir dan saya berjanji akan dilahirkan kembali dari ini. Saya meminta maaf telah menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang di negara ini. Saya juga meminta maaf pada fans setia saya, keluarga, Big Bang, dan YG Entertainment,” terang Seungri pada media saat menjalani sidang ke-25 (1/7/2021) lalu.

Tidak Melakukan Promosi

Meski tidak melakukan promosi di berbagai media atau perform sebagaimana idol, comeback Big Bang tahun ini bisa dikatakan sukses. Masuk Top 10 Billboard Global Chart, lagu Still Life berhasil menduduki posisi 9. Pencapaian ini menandingi keberhasilan BTS dan Blackpink.

Baca juga:  Cara Jay Park Menanggapi Komentar Haters, Santai Dan Abaikan

Baca Juga : T.O.P BIGBANG Buka-Bukaan Soal Masalah Ganja Yang Sempat Membuatnya Mau Akhiri Hidup

Antusias penggemar, VIP, turut membuat comeback Big Bang semakin bersinar. Dalam kurun waktu tiga hari, lagu Still Life berhasil memperoleh 34 juta streaming. Begitu pun dengan penjualan album yang terjual 29.700 dari tanggal perilisan, 4 April lalu.

T.O.P Hengkang dari YG Entertainment

Melalui akun instagramnya @choi_seung_hyun_ttop, T.O.P menuliskan pesan menyentuh pada fans. Kabar ini turut membuat para V.I.P, fans Big Bang, merasa campur aduk. Pasalnya, T.O.P dikabarkan mengundurkan diri dari YG Entertainment yang telah menemani karirnya selama 16 tahun.

“Finally the music is out. I wouldn’t be here without all of YG staff’s help. Thank you all for last 16 years. It means a lot to me. I’m thinking, I might be going through another important turning point of my life at the moment. I look forward to the day when I’ll be able to come back as a man of inspiration in the near future. Once again, thank you,” tulis T.O.P pada 5 April 2022.

Melihat hal ini, puluhan ribu fans menunjukkan respon beraneka ragam. “We will always be here for you!” tulis @dro*****, “Thank you for being a part of my childhood. Good luck!” tulis @today****, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Kang Gary Tegaskan Tidak Akan Tampil ke Acara TV Lagi, Kenapa?

Meroketnya Saham YG Entertainment

Big bang kembali ke dunia hiburan Korea Selatan rupanya membawa dampak bagi agensi. Terbukti dengan kenaikan saham YG Entertainment beberapa waktu terakhir sempat fluktuatif.

Tercatat pada 7 April 2022 kenaikan saham sebesar 2,4% diterima oleh YG Entertainment. Tak dapat disangkal, kenaikan tersebut ialah efek popularitas Big Bang di dunia hiburan Korea Selatan.

Beberapa grup seperti, Blackpink, BTS, EXO, dan lainnya, mengaku menjadikan Big Bang sebagai panutan bermusik mereka. Terlebih Big Bang pernah tercatat sebagai grup berpengaruh sejak 2009 hingga 2016.