Drama Korea Dari Kisah Nyata

Rekomendasi Drama Korea Dari Kisah Nyata Ini Curi Perhatian Penonton

Posted on

Drakor Terkini – Belakangan ini drama korea dari kisah nyata di dunia semakin banyak. Contohnya adalah ‘Military Prosecutor Doberman’, ‘Through the Darkness’, dan drama yang baru rilis di Netflix belakangan ini, ‘Juvenile Justice’.

Banyak orang yang merasa kagum dengan alur drama korea dari kisah nyata yang realistis dan punya dampak emosional yang berat.

Penulis Through the Darkness Mengaku Sangat Berhati-Hati Dalam Membuat Dramanya

Drama Korea Dari Kisah Nyata

Karena drama korea dari kisah nyata, pengarang naskah Through the Darkness, Seol Yi Na harus berhati-hati ketika menulis alur drama ini.

“Saya berhati-hati dalam membuat adaptasi drama dari kisah kriminal asli,” ungkap Seol Yi Na.

Seol Yi Na berusaha memberikan yang terbaik untuk drama ‘Through the Darkness’. Ia menjelaskan kalau drama itu menceritakan kasus kejahatan dari cerita nyata di dunia.

Hal itulah yang membuat cerita drama korea dari kisah nyata punya poin-poin yang patut diwaspadai. Ia harus membuat poin-poin itu bisa tersampaikan dengan baik di hadapan para penonton.

Sekedar informasi, drama Through The Darkness sempat ditunda penayangannya selama 3 minggu karena saluran TV SBS ingin menayangkan Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Baca juga:  Tipe Ideal Son Ye Jin Dibahas Lagi Setelah Pengumuman Pernikahannya Dengan Hyun Bin

Drama korea dari kisah nyata ini mencetak rating yang lumayan, yaitu sekitar 6 sampai 8 persen.

Alurnya berpusat pada kasus kriminal di sekitar. Sejumlah penonton bilang mereka menyaksikan drama ini sambil menahan napas saking tegangnya.

Diketahui drama ini berputar di sekitar Song Ha Young (diperankan Kim Nam Gil) yang berprofesi sebagai tim Analisis Perilaku Kriminal. Song Ha Young merupakan orang yang sulit mengekspresikan emosinya dengan jelas.

Drama Korea dari Kisah Nyata Military Prosecutor Doberman Tampilkan Sejumlah Kontrovesi Yang Akrab di Korea

da307b4a19323de84ecc972e057a4eff

Penulis drama Military Prosecutor Doberman, Yoon Hyun Ho menggambarkan sejumlah kasus yang pernah panas di kalangan publik, seperti masalah dinas militer dari anak politisi di masa lalu, serta kejahatan seks dan narkoba.

Pembahasan soal ‘Kartel’ di drama itu mengingatkan penonton dengan kasus Burning Sun yang pernah menyeret nama Seungri, mantan anggota grup BIGBANG.

Adegan lainnya yang membuat penonton teringat dengan kontroversi di dunia nyata adalah adegan saat idol Allen (diperankan Park Sang Nam) merekam video illegal dari handphone-nya.

Drama Juvenile Justice Membuat Penonton Lebih Perhatian Dengan Isu Anak-Anak

Sinopsis Juvenile Justice

Drama korea dari kisah nyata selanjutnya adalah drama ‘Juvenile Justice’ yang belakangan ini masuk peringkat 10 besar di tayangan Netflix global Asia.

Baca juga:  Han So Hee Disebut Langgar Aturan Karena Utang-Utang Ibunya

Salah satu kasus yang dibahas dalam drama ini dibuat berdasarkan ‘Kasus Pembunuhan Anak SD Incheon’ yang pernah membuat geger masyarakat.

Di tanggal 29 Maret 2017, ada seorang anak bernama Kim yang putus sekolah di Yeonsu-go, daerah Incheon. Kim menculik seorang anak bernama A yang masih kelas 2 SD dan membunuhnya secara brutal. Semuanya bermula ketika A meminta tolong pada Kim untuk meminjamkan handphone-nya.

Dalam pengadilan, Kim dikatakan punya sindrom Asperger dan tuduhan pembunuhan tak disengaja juga ditolak. Alur yang sama juga dibahas di drama ‘Juvenile Justice’ yang fokus pada pengadilan untuk remaja.

Saat ada drama yang mengangkat dari kisah nyata, ada dampak positif besar yang muncul dan kasus itu bisa diperiksa ulang lagi. Drama ini menekankan kalau kasus kejahatan bisa dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak sekalipun.

Drama ‘Juvenile Justice’ ingin membuat masyarakat lebih prihatin dengan sikap orang-orang dalam menanggapi kejahatan anak. Hal ini sudah menjadi topik yang ramai selama bertahun-tahun.

Dengan perhatian masyarakat yang sudah lebih meningkat, minat pada UU Pidana dan amandemen UU anak juga akan lebih tinggi.

Tidak heran banyak drama jaman sekarang yang mengangkat alur dari kisah nyata. Ketika drama itu banyak ditonton masyarakat, tingkat kesadaran orang-orang tentang dunia akan lebih meningkat. Saat masyarakat bersimpati dengan alurnya, drama bisa membantu kisah nyata itu untuk diangkat lagi dan membuat orang-orang lebih waswas terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga:  Sinopsis Forecasting Love and Weather Episode 2, Hubungan Si Woo dan Ha Kyung Makin Panas!

Tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu penghormatan untuk korban jauh lebih penting daripada memperhatikan pelaku kejahatannya.

Ketika membuat sebuah drama dari kisah nyata, poin yang penting adalah membuat masyarakat tertarik dengan isu nyata. Namun, kalau tim produksi hanya fokus pada tokoh pembunuh yang kejam, mereka tentu akan membuat drama yang mengerikan, tetapi hanya kesan itu saja yang akan menempel.

Oleh karena itu, untuk lebih menghidupkan suasana drama korea dari kisah nyata, pihak produksi juga harus menggambarkan perasaan korban dan orang-orang di sekelilingnya yang menderita akibat kasus yang terjadi.