Roby Geisha
Gitaris band Geisha, Roby (kiri) dan asistennya berinisial Aj (kanan) dihadirkan saat konferensi pers kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (21/3/2022). Roby dan asistennya Aj ditangkap di studio musik dengan barang bukti delapan gram ganja pada Sabtu (19/3). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.

Roby Geisha Ditangkap Polisi Karena Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologinya!

Posted on

Kasus Artis – Roby Geisha Satria baru saja ditangkap polisi akibat kasus yang sebelumnya juga pernah menjeratnya. Ya, gitaris band Geisha bukan baru pertama kali terjerat kasus narkoba.

Sudah 2 kali ia berurusan dengan pihak kepolisian. Oleh karena itu, ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Roby Geisha.

Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan sudah meringkus Roby dan asistennya yang berinisial AJ di kantor Musica Studios, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 Maret 2022.

“Kami sudah mengamankan keduanya. Mereka kami tangkap di kantor musik, karena ada laporan dari masyarakat,” terang Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dalam konferensi pers, pada tanggal 21 Maret 2022.

Kronologi Ditangkapnya Roby Geisha dan Asisten

roby satria

Dalam keterangan yang diberikannya, Budhi bilang Roby dan AJ ditangkap karena mereka mendengar laporan dari masyarakat.

Penangkapan Roby Geisha terjadi setelah polisi mengamankan asisten Roby setelah ia ketahuan memesan narkoba berjenis ganja.

“Awalnya kasus ini bisa berkembang karena laki-laki bernama AJ. Penyidik dapat informasi kalau barang itu punya saudara RS (Roby Satria),” kata Budhi.

Baca juga:  Mawar AFI Beri 4 Syarat Untuk Pria-Pria Yang Mau Mendekatinya

Dari sana polisi tahu Roby berencana mengonsumsi ganja di Musica Studios.

Roby memerintahkan AJ untuk mempersiapkan ganja untuknya.

“AJ mengaku diperintahkan oleh RS (Roby Satria atau Roby Geisha) untuk siapin barang-barang tersebut (ganja),” ujar Budhi.

Budhi bilang Roby meminta AJ melinting dan menaruh ganja itu di dalam kamar mandi, supaya nanti bisa ia konsumsi.

“Setelah persiapannya selesai, ia mau serahkan ke saudara RS. Penggunaannya memang di sekitaran atau daerah studio tersebut,” sambung Budhi.

Setelah mendengar laporan, Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan lalu bertindak.

Mereka menangkap keduanya di kantor Musica Studios.

Dari penangkapan itu, polisi mengamankan barang-barang bukti, yakni narkotika berjenis ganja seberat 8 gram dan 1 linting ganja sisaan.

Saat diselidiki, diketahui Roby mengonsumsi ganja karena punya masalah yang membebani pikiran.

Karena ini sudah ketiga kalinya Roby ditangkap akibat kasus penyalahgunaan narkoba, Budhi bilang pihak menyidik berusaha menyelidiki lebih dalam.

Terutama tentang sejak kapan Roby kambuh dan akhirnya mengonsumsi ganja lagi.

Namun, dari keterangan yang dijelaskan Roby, terungkap kalau sang gitaris memakai ganja karena sedang dirundung masalah.

“RS (Roby Satria atau Roby Geisha) mengaku ia mengonsumsi ganja karena punya banyak beban masalah,” terang Budhi Herdi Susianto.

Baca juga:  Roy Kiyoshi Alami Pembengkakan Pada Jantung, Akui Merasa Takut

Roby Geisha Ditetapkan Menjadi Tersangka

Roby Geisha Ditangkap karena Ganja, Beban Pikiran Jadi Alasan | Indozone.id

Roby dan asistennya sudah resmi menjadi tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Budhi menjelaskan gitaris grup band Geisha itu terjerat pasal 114 ayat 1 jo pasal 127 UU No 35 tahun 2009 tentang hukum narkotika.

“RS sudah dijerat dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun hukuman penjara,” terang  Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto ketika menjelaskan penangkapan Roby Geisha dan AJ, pada tanggal 21 Maret 2022.

Roby Akan Sulit Mengajukan Rehabilitasi Karena Dicap Sebagai Residivis

Ini menjadi ketiga kalinya Roby Geisha terlibat kasus penyalahgunaan narkoba berjenis ganja, setelah sebelumnya mengalami kasus yang sama di tahun 2013 dan 2015.

Meski sudah 2 kali ditangkap karena kasus yang sama, Roby Geisha tampaknya tidak kapok.

Roby ditangkap oleh Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, di Musica Studios, Pancoran, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 Maret 2022 jam 21:00 WIB.

Pihak Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Achmad Akbar bilang proses hukumnya tidak akan berbeda meski Roby Geisha sudah 3 kali ditangkap.

“Proses hukumnya sih akan sama saja. Memang residivis, tapi kalau prosesnya sesuai dengan yang sudah diatur,” jelasnya.

Namun, Akbar juga menambahkan kalau sang gitaris grup band Geisha akan kesulitan jika mau mengajukan assesmen rehabilitasi.

Baca juga:  Jadi Omongan Netizen, Ivan Gunawan Jelaskan Alasan Kenapa Adopsi Spirit Doll

“Itu (assesmen rehabilitasi) akan jadi pertimbangan kita karena dia sudah beberapa kali terkena kasus yang sama,” ujar Akbar.

Achmad Akbar menjelaskan kalau sampai sekarang Roby belum mengajukan rehabilitasi padanya atau pihak penyidik lain di Polres Metro Jakarta Selatan.

“Masih belum ada proses assesmennya. Nanti kita lihat saja kedepannya akan seperti apa. Yang jelas, prosesnya akan jalan terus dan kami masih memeriksa AJ dan RS secara lebih mendalam lagi,” kata Achmad Akbar.

Sekedar informasi, pada tahun 2015 Roby ditangkap polisi saat ia berada di Bali. Ia tertangkap basah saat membeli ganja dan divonis 6 bulan penjara.