Rumah Tangga Ronald Surapradja dan Seruni Retak Sejak 2014, Seruni Alami KDRT Psikis

Ronald Surapradja

Kabar Artis – Selama ini bintang Extravaganza, Ronald Surapradja tak pernah sekalipun diterpa isu miring. Awal bulan April lalu ia mengajukan permohonan cerai atas istrinya yang bernama Seruni Purnamasari. Baru-baru ini terungkap bahwa penyebab retaknya rumah tangga mereka adalah akibat Ronald Surapradja sering melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dugaan ini muncul setelah diungkapkan oleh Seruni sendiri bersama kuasa hukumnya bernama Abdul Hamim Jauzie di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis 21 April 2022.

Bukan Kekerasan Fisik Oleh Ronald Surapradja

MISTERI Alasan Perceraian Ronal Surapradja, Masih Dirahasiakan, Tak Tuntut  Hak Asuh hingga Gono Gini - TribunStyle.com

Dalam persidangan cerai tersebut, Seruni mengaku bahwa Ronald sama sekali tidak melakukan kekerasan fisik melainkan psikis. Namun, kekerasan psikis ini dinilainya lebih parah karena melukai ibu dua anak tersebut secara mental.

“Ini sebenarnya KDRT dalam bentuk psikis, tentang tingkah laku suaminya. Ya banyak lah,” kata Abdul Hamim Jauzie, kuasa hukum Seruni saat ditanyai wartawan usai persidangan.

Seruni mengamini penjelasan dari kuasa hukumnya. Ia mengaku selama ini mengalami gangguan secara psikis akibat perlakuan suaminya tersebut.

“Banyak (KDRT secara) mental,” katanya menyambung penjelasan Abdul Hamim Jauzie.

Baca juga:  Angelina Sondakh Bingung Waktu Pertama Kali Masuk Minimarket Setelah Bebas dari Penjara

Terkait hal ini, pengacara Abdul Hamim juga mengatakan bahwa pihaknya akan memasukkan fakta KDRT psikis ini dalam persidangan sebagai hak jawab.

Konsultasi dengan Psikolog

Fakta gangguan mental yang dialami oleh Seruni, menurut Abdul Hamim Jauzie dapat dibuktikan karena kliennya sering konsultasi pada psikolog. Selama berulang kali bertemu dengan psikolog, Seruni kerap mencurahkan keresahannya terkait rumah tangga yang ia jalani bersama Ronald Surapradja.

Bukan hanya perihal mental pribadi. Saran dari Psikolog bahwa sebaiknya anak-anak mereka ikut dengan Seruni, ibunya.

“Yang pasti, saya baru tadi diberikan oleh Mbak Runi, keterangan dari psikolog bahwa sebaiknya anak-anak ikut ibunya,” sambung pengacara Abdul Hamim Jauzie.

Tak Rukun Sejak 2014

Tidak hanya mengungkapkan terkait kondisi mental yang dialami. Seruni melalui pengacaranya mengatakan jika hubungan Ronald dan Seruni sebagai suami istri tak lagi harmonis sejak tahun 2014 atau sepuluh tahun belakangan.

Fakta ini pun dapat dilihat dari gugatan yang Ronald ajukan ke pengadilan agama. “Kalau merujuk pada gugatan, tidak rukun sejak 2012, kemudian muncul lagi pada Desember. Sudah tidak nyaman lah,” ungkap Abdul Hamim Jauzie.

Tidak Serumah

Pasca gugatan cerai dilayangkan oleh Ronald, Seruni dikabarkan segera pergi dari rumahnya. Kini, Ronald dan Seruni tidak lagi tinggal seatap.

Baca juga:  Begini Reaksi Duka Para Artis Yang Mendengar Kabar Dorce Gamalama Meninggal Dunia

“Mbak Runi meninggalkan rumah setelah ada gugatan. Sebelum ada gugatan masih tinggal satu rumah. Jadi bukan sejak awal meninggalkan rumah. Memang sudah tidak nyaman sedemikian rupa, begitu ada gugatan lebih baik berpisah (rumah) saja,” tambah Abdul Hamim Jauzie.

14 Tahun Menikah

Lebih dari satu dekade hubungan suami istri mereka terjalin, dan menuju perpisahan setelah Ronald Surapradja menggugat cerai istrinya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan awal bulan April lalu.Ronald sendiri mengaku bahwa tekadnya untuk bercerai sudah bulat.

Dari 14 tahun pernikahan ini, Ronald Surapradja dan Seruni dianugerahi dua anak. Mereka adalah Anaking Raka Pracek dan Aikani Rayi Respati. Sebelum menikah pada tangal 25 Mei 2008, Ronald dan Seruni juga lama menjalani hubungan pacaran yakni kurang lebih 5 tahun.

Jalan Terbaik

Menurut artis sekaligus bapak dari dua anak tersebut, keputusan bercerai merupakan jalan terbaik untuk kedua belah pihak. Akan tetapi, Ronald sama sekali tidak menjelaskan alasannya mengapa ingin bercerai dari Seruni.

“Mungkin ini yang terbaik,” kata Ronal pendek saat persidangan.

Dirinya hanya meminta doa kepada semua orang agar semua proses berjalan lancar dan menjadi jalan terbaik bagi semua pihak. “Doain saja, karena memang ya saya tidak tahu ini boleh dibuka atau tidak. Tapi saya berharap teman-teman yang menyaksikan mendoakan saja untuk kami,” sambungnya.

Baca juga:  Makin Dekat, Ferry Irawan dan Venna Melinda Bahas Hubungan Mereka Berdua

Tak Gugat Hak Asuh Anak dan Harta Gono Gini

Gugatan cerai dari Ronald Surapradja dilayangkan pada tanggal 31 Maret 2022. Diketahui, gugatan tersebut hanya berisi perceraian saja.

Tanpa alasan jelas, Ronald sama sekali tidak membahas soal hak asuh anak maupun harta gono gini. Hingga saat ini, sidang perceraian sudah berjalan sebanyak dua kali. Ronald selalu hadir dan Seruni beberapa kali hanya diwakili oleh pengacaranya.

You May Also Like

About the Author: Yodik