Honor Artis

Sebelum Terkenal, Honor Artis Ini Cuma Segini

Posted on

Setiap kali membicarakan honor artis, bayangan hampir semua orang adalah tumpukan uang yang nilainya jutaan, bahkan puluhan hingga ratusan juta.

Anggapan tersebut tidak salah. Untuk artis papan atas yang namanya sudah dikenal publik, mendapatkan honor senilai jutaan bahkan ratusan juta bukanlah hal yang sulit. Popularitas mereka memang memiliki nilai jual tinggi karena kehadiran mereka dapat menjadi magnet bagi sebuah film.

Hanya saja, sebelum nama mereka populer, untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain dalam sebuah film bukanlah hal yang mudah. Berapapun bayaran yang ditawarkan akan diterima, demi kesempatan untuk dapat menunjukkan kemampuan dalam bermain peran di hadapan pelaku industri perfilman maupun di hadapan publik.

Honor Artis Diawal Karir

Berikut 4 artis Indonesia yang rela menerima bayaran ‘sepantasnya’ disaat pertama kali meniti karir di dunia perfilman.

1. Titi Kamal

Bukti dari besarnya pengaruh popularitas artis dengan daya tarik film dapat dilihat dari film Makmum 2 yang memecahkan rekor jumlah penonton bioskop di tahun 2021 dengan jumlah penonton sebanyak 547.782 penonton dalam sembilan hari penayangan.

Titi Kamal yang menjadi bintang utama film ini sudah barang tentu menerima honor yang tidak sedikit, meski bagi sang aktris honor bukanlah segalanya.

Baca juga:  Prilly Latuconsina Ingin Buka Pandangan Baru Soal Kesehatan Mental Dari Film “Kukira Kau Rumah”

Tapi tahukah Anda, diawal meniti karir honor artis ini hanya sebesar Rp.25.000?

Dilansir dari Ngopi Dara di channel YouTube Trans TV Official, Titi menuturkan saat pertama kali menjalani sesi pemotretan, dia hanya menerima honor Rp.25.000.

“Aku pernah foto buat advertorial (iklan) majalah gitu Rp 25 ribu dapetnya,” cerita istri dari Christian Sugiono ini.

Bayaran dalam jumlah yang sama juga dia dapatkan saat pertama kali menjadi figuran sebuah sinetron.

“Pas jadi figuran di sinetron yang artisnya itu mbak Nia Zulkarnaen sama Nana Krit dapat honor Rp 25 ribu juga,” kenangnya.

“Tapi belum diambil sampai sekarang. Soalnya jauhan ongkos ngambilnya,” ungkap Titi diselingi tawa.

2. Raffi Ahmad

Sebagai Youtuber dengan penghasilan tertinggi se-Indonesia, setiap bulannya Raffi Ahmad bisa mengumpulkan dollar sebesar US$ 45.400 – US$ 726.800 atau sekitar Rp.649,22 juta – Rp.10,39 miliar.

Padahal honor artis ini saat pertama kali main sinetron di tahun 2000-an tepatnya saat dia masih duduk di bangku SMP, hanya sebesar Rp.500.000.

Honor tersebut menurut pengakuan suami dari Nagita Slavina ini konon habis hanya untuk ongkos transportasi Bandung – Jakarta.

4. Prilly Latuconsina

Sebagai artis papan atas, honor yang diterima Prilly Latuconsina bikin orang lain menelan ludah saat mendengarnya.

Lewat channel YouTube Rio Motret, honor artis ini sempat ditanyakan oleh host acara. Jawaban Prilly dalam video tersebut, “Aku enggak tahu mahalnya yang lain berapa.”

Baca juga:  Sukses Sebagai Pelakor Di Layangan Putus, Anya Geraldine Mengaku Kapok!

Dia lantas memberikan perbandingan, “Dapur ya. Intinya pernah dibayar sampai bangun rumah,” jawab Prilly.

Honor tersebut sudah barang tentu sangat jauh dengan yang dia terima saat pertama kali mengawali karir di dunia hiburan.  Dulu ditahun 2008, saat syuting pertama untuk acara Koki Cilik, dia yang saat itu menjadi chef hanya dibayar sebesar Rp.500.000.

4. Reza Rahadian

Aktor terbaik sekaligus terlaris di Indonesia ini pada 7/1/2022 yang lalu menjadi bintang tamu di channel YouTube Boy William. Melihat suksesnya web series Layangan Putus yang diperankan Reza Rahadian, host acara ini tertarik untuk mengetahui berapa besar honor artis ini saat memerankan tokoh Aris.

Pertanyaan tidak terduga tersebut oleh Reza dijawab dengan senyuman sambil berkata, “enough (cukup)”

Belum puas dengan jawaban tersebut, Boy kembali melontarkan pertanyaan, “Good enough (cukup baik)?”

Aktor kelahiran tahun 1978 itu menjawab sambil tetap tersenyum dan merahasiakan honor artis yang dia terima, “Good enough.”

Karena belum juga menyebutkan angkanya, Boy kembali mengejar dengan pertanyaan, “Very good enough (sangat cukup baik)?”

Dijawab oleh Reza, “Very good enough”.

Saat Boy melontarkan pertanyaan berikutnya, “Extremely good enough (sangat sangat baik)?”

Baca juga:  Kuliah 3,5 Tahun IPK Cumlaude, Prilly Latuconsina Jadi Lulusan Terbaik

Pertanyaan tersebut dijawab Reza sambil tertawa terbahak-bahak, “Very good enough,”.

Berbicara masalah honor artis memang cukup sensitif. Tapi yang pasti, honor artis ini untuk peran tokoh Aris dalam web series Layangan Putus, tidak sedikit, karena Reza dikenal sebagai aktor dengan bayaran paling mahal saat ini.

Dulu, ketika pertama kali syuting sebagai figuran untuk film pertamanya, lawan main dari Prilly Latuconsina dalam web series My Lecture My Husband ini menerima bayaran sebesar Rp.8 juta yang dipotong 20 persen untuk managemen sehingga uang bersih yang dia terima sebesar Rp.6,4 juta.

Kini honor artis pemeran Habibie dalam film Habibie & Ainun ini tentunya sudah berpuluh kali lipat melihat kesuksesan dari film-film yang dibintanginya.

Jadi bisa dibayangkan, berapa kira-kira honor artis Reza Rahadian saat bermain dalam Layangan Putus. (*)