Kim A Joong
Kim A Joong

Serius Perankan Karakter di Drama Grid, Kim A Joong Rela Belajar ke Kantor Polisi

Posted on

Aktris asal Korea Selatan, Kim A Joong, kembali dengan drama terbaru Grid. Drama ini merupakan drama perdananya setelah 3 tahun hiatus.

Di tahun 2019, Kim A Joong berakting film genre action/crime, The Bad Guys: Reign of Chaos. Meski sama-sama memerankan genre action, Kim A Joong mengaku ingin benar-benar serius mendalami perannya di drama kali ini.

Drama Grid yang ditayangkan oleh Disney Plus Hotstar mengangkat nama Kim A Joong sebagai detektif kepolisian Jung Sae Byeok. Pada wawancara terbaru, Kim A Joong ungkap kalau dirinya benar-benar melakukan riset terhadap profesi di drama Grid itu.

“Ini kali pertama aku memerankan tugas polisi. Karena ini adalah pertama kali aku ingin menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan ini secara tepat. Jadi aku mengunjungi kantor polisi untuk memahami suasana kerja, tanggung jawab, dan tekanan yang dihadapi detektif kasus pembunuhan,” ujar A Joong pada wawancara email (12/4/2022)  lalu.

Sebagai informasi, Grid merupakan drama action, fiksi ilmiah yang dikemas dengan jalan cerita yang penuh ketegangan (mystery). Drama 10 episode ini menceritakan kisah penyelidikan sosok berhantu (the ghost) yang diduga menyelamatkan kasus pembunuhan berantai di tahun 1997. Hantu tersebut diketahui menghilang dan muncul lagi setelah 24 tahun kemudian.

Grid menampilkan para pemeran ternama di Korea, seperti Seo Kang Joon, Kim A Joong, Lee Si Young, Kim Moo Yeol, dan Kim Sung Kyun. Drama Grid dapat dinikmati melalui platform Disney Plus Hotstar dan sudah tayang sejak 16 Februari 2022 lalu.

Kim A Joong Lakukan Interview ke Pihak Kepolisian

optimize

Sebagai aktris yang bertahun-tahun bermain film maupun drama, kemampuan akting Kim A Joong tentu tidak dapat diragukan lagi. Tak tanggung-tanggung ia juga melakukan riset sebagai bentuk mendalami karakter yang dimainkannya.

Aktris yang melejit popularitasnya lewat film 200 Pounds Beauty (2006) ini mengaku berusaha menjadi yang terbaik melakoni perannya. Bahkan menjelang proses penggarapan serial Grid, Kim A Joong rela datang ke kepolisian dan mewawancarai para detektif. Menurutnya, ia harus tahu aspek teknis apa saja yang diperlukan seorang detektif dalam menginvestigasi tindak kriminal.

“Mayoritas yang kulihat, detektif harus dilengkapi dengan pikiran logis saat memahami apa yang terjadi dan keingintahuan terhadap apa saja dan siapa saja yang mereka temui saat melakukan investigasi,” terangnya.

Serius Latihan Menembak

Menjunjung tinggi profesionalitas, Kim A Joong menilai kerja detektif berkaitan dengan perubahan emosi dari orang-orang yang mereka temui. Dengan cara memainkan emosional dan menekannya dari zona nyaman.

Oleh karena itu, mendukung keterampilannya dalam berakting ia juga berlatih bermain aksi laga dan menembak. Meski di serial Grid tidak banyak adegan yang menampilkan perempuan ini dalam menembak.

Baca Juga : Beberapa Moment Terbaik Drama Korea Business Proposal

“Ada hal-hal yang kucoba hayati dan kutampilkan sendiri. Selain itu, aku juga berlatih adegan laga dan menembakkan senjata api. Meskipun tidak banyak adegan yang menunjukkan keterampilan itu. Penonton pasti akan melihatku melakukan sesuatu yang belum pernah aku lakukan sebelum itu,” tandas aktris kelahiran 1982 ini.

Perlu diketahui, di drama Grid Kim A Joong baru pertama kalinya menjalankan akting sebagai detektif. Menurutnya, penonton lah yang akan melihat aktingnya memerankan seorang penyelidik.

Soal Karakter Suami Istri dengan Kim Moo Yeol

Walaupun adegan Grid terlihat menegangkan, siapa sangka jika dulunya detektif Jung Sae Byeok (Kim A Joong) dan polisi Song Eo Jin (Kim Moo Yeol) pasangan suami istri?

Sama-sama terlibat dalam pengungkapan kasus pembunuhan berantai, ternyata keduanya pernah menikah. Meskipun salah satunya justru menutupi hubungan mereka.

Kim A Joong merupakan seorang detektif, sedangkan Kim Moo Yeol pegawai khusus di Biro Administrasi. Keduanya saling bersinggungan saat bertugas. Namun mereka memilih merahasiakan, walaupun akhirnya terungkap.

“Aku ingin penonton penasaran dengan hubungan mereka berdua. Semakin kami ingin menutupi hubungan, semakin aku menunjukkannya tanpa ada niat membongkar. Makanya ketika berakting aku melihat bagaimana lawan mainku, karena dibutuhkan dua orang untuk itu,” ungkap Kim A Joong saat ditanya soal peran di Grid sebagai perempuan yang telah bercerai dan bertemu dengan mantan suami ketika bertugas.