Suti Karno Dituding Menikah Sesama Jenis, Selama Tidak Ada Bukti Saya Menyangkal

Suti Karno

Dunia Artis – Baru-baru ini tudingan menikah sesama jenis yang dialami oleh Suti Karno kembali mencuat ke publik. Adik dari Rano Karno ini mengaku sering kali mendengar isu tersebut.

Hal ini disampaikannya ketika menjadi bintang tamu podcast Deddy Corbuzier pada (26/4/2022) kemarin. Suti Karno yang saat ini berusia 56 tahun memberikan konfirmasi terkait tudingan yang dilayangkan padanya itu.

Pertanyaan diawali oleh Deddy pada detik ke-46, “Berita kemarin keluar di mana-mana menceritakan bahwa Mbak Suti Karno menikah dengan sesama jenis. Keluar beritanya di mana-mana,”

Dengan wajah yang santai namun tegas Suti bertanya pada Deddy, “Saya bertanya kembali ya, mas? Emang ada wadahnya disini? Siapa yang nulis?” tanya Suti.

Suti mengakui memang sejak dulu penampilannya terlihat tomboi. Sudah terlihat sejak Suti kecil. Meski demikian, Suti merasa tidak terima ketika dituding menikah dengan sesama jenis.

Suti Karno sendiri merupakan anak dari aktor lawas Soekarno M. Noer. Kedua kakanya, yakni Rano Karno dan Tono Karno juga merupakan aktor.

Mengikuti jejak sang kakak, Suti debut sebagai pemain film Guruku Cantik Sekali pada tahun 1977. Saat itu masih berada di bangku sekolah dasar.

Suti Karno Bergaya Tomboi

Suti Karno Masuk Rumah Sakit, Rano Karno Minta Doa Halaman all - Kompas.com

Suti sendiri memang mengaku jika dirinya sangatlah tomboi. Ia memilih bergaya tomboi karena sejak kecil ia nyaman bergaya demikian.

Suti identik dengan penampilannya yang simpel, berkaos pendek, dan rambut pendek. Sekilas penampilannya terlihat seperti laki-laki. Ia tak menyangkal soal penampilannya itu.

“Penampilan saya tomboi, mas. Banyak orang yang menduga saya seperti apa. Tapi kan mereka bertanya, saya hanya menjawab kalau itu benar itu urusan saya sama Tuhan bukan urusan Anda,” ungkap Suti pada Deddy Corbuzier.

Suti Karno menjelaskan bahwa penampilannya yang tomboi itu sudah sejak kecil. Meski banyak orang yang menanyakan karakter tomboi-nya itu. Gayanya yang tomboi itu kerap kali dicurigai sebagai penyuka sesama jenis.

Akta Kelahiran Laki-laki

Di podcast Deddy Corbuzier itu, perempuan yang biasa disapa Mpok Atun ini menceritakan masa kecilnya. Salah satunya menyoal akta kelahiran. Ia menceritakan kesulitannya mendapatkan akta kelahiran.

“Karena dari kecil saya tomboi, akta lahir saya saja anak laki-laki. Aktanya habis kata mama saya. Iya ada buktinya, bener. Makanya saya pas mau ke London bingung. Saya tanya sama mama saya, ‘Ma, kok akta aku laki-laki? Iya, habis ternyata,” terang Suti.

Suti sendiri menunjukkan bahwa akta kelahirannya berjenis kelamin laki-laki. Hal ini terjadi lantaran sewaktu mengurus lembar akta kelahiran perempuan habis. Ibunya terpaksa membuatkan akta laki-laki untuknya.

Ini menimbulkan kesulitan Suti sewaktu akan pergi ke London. Ia perlu menanyakan banyak hal terkait dirinya ke sang ibu, Istiarti M. Noer.

Dituding Menikah Sesama Jenis

Karena penampilannya yang tomboi itu, Suti dituding menyukai sesama jenis. Terlebih ketika dirinya memutuskan diri menjadi seorang single parent.

“Emang ada ya, mas, wadahnya di sini?” tanya Suti ke Deddy.

Pertanyaan Suti kepada Deddy Corbuzier itu berawal dari berita hampir 20 tahun lalu yang kembali mencuat. Terdapat salah satu wartawan yang bertanya pada Suti terkait orientasi seksualnya itu.

“Maka saya bingung bagaimana mereka bisa men-judge seperti bagaimana? Apa mereka punya bukti? Mereka punya saksi? Enggak bisa dong kita bicara begitu saja. Selama tidak ada bukti saya masih bisa nyangkal, dong,” paparnya.

Suti sempat bingung mengenai isu pernikahan sesama jenis yang menerpanya. Ia mempertanyakan kembali sosok yang mempelopori isu itu. Ia juga mempertanyakan bukti sekaligus saksinya.

Menurut Suti selagi tidak ada bukti yang valid, Suti berhak mempertahankan rasa tidak terimanya. Sehingga ia dapat menyangkalnya.

Sosok yang Tangguh

Usianya sekarang sudah genap 55 tahun. Meski demikian, Suti merupakan sosok perempuan tangguh.

Terbukti dari berbagai aktivitas yang biasa ia lakukan sendiri. Mula dari memasak, menyetir mobil, hingga melakukan pekerjaan laki-laki, seperti  memasang tegel.

Punya sifat penyayang, Suti sendiri juga memiliki dua anak angkat. Kedua anak tersebut ia besarkan sendirian hingga dewasa. Untuk menyambung kehidupannya dengan sang anak, Suti Karno pernah merantau ke Bangka.

Membatasi aktivitasnya di dunia hiburan, Suti Karno juga mendirikan warung makan yang ia beri nama “Warung Makan Mpok Atun”. Dengan nama itu, Suti sendiri yang mengelola dan menjadi juru masak di warung sederhana miliknya.

You May Also Like

About the Author: Yodik