Seorang TikToker Rusia Dihujat karena Dugaan Rasis pada Member ATEEZ

Ateez

Berita Kpop – Akun seorang influencer dan TikToker asal Rusia baru-baru ini dibanjiri hujatan dari banyak fandom ATEEZ, boyband asal Korea Selatan.  Akun @just_2alina milik seleb Alina Sharanova dihujat netter karena di duga mengejek member ATEEZ, Mingi dengan gerakan rasis. Alina Sharanova  sendiri diketahui baru baru ini pindah dari Russia ke Korea Selatan.

ATINY, sebutan fandom ATEEZ, menghujat Alina Sharanova karena menurut mereka melakukan gerakan rasis saat fansign. Sosok Alina Sharanova lumayan dikenal di Korea Selatan belum lama ini karena ia melakukan beberapa cover K-Pop. Pengguna TikTok @just_2alina mendapatkan banyak penonton dan exposure untuk cover dance nya pada beberapa music video K-Pop berbagai group terkenal.

Alina Sharanova di akun TikToknya telah memiliki lebih dari 124.000 pengikut. Alina Sharanova pun kerap panen pujian di berbagai video cover dance-nya.  Beberapa fandom memujinya menjadi salah satu fans K-Pop global yang berbakat men-cover gerakan dance music K-Pop.

Serangan ATINY pada Alina Sharanova karena Ekspresi Rasisnya saat Fansign ATEEZ

Terlepas dari banyaknya sorotan yang ia dapatkan, dalam dua hari terakhir ini ia mendapati banyak hujatan yang membuatnya masuk dalam situasi yang buruk. Diketahui beberapa hari yang lalu, ATEEZ mengadakan acara fan meeting bagi para ATINY.

Baca juga:  Ini Fakta-Fakta Denise, Idol Korea-Amerika Yang Hengkang Dari Grup Secret Number!

Pada kesempatan kali ini, hanya 30 orang ATINY yang berkesempatan bisa mengikuti fan meeting bersama Idol mereka di akhir tahun. Pada momen pertemuan virtual ini harusnya penuh dengan interaksi menyenangkan. Namun, selepas fan meeting justru viral sebuah cuplikan video TikTok yang menampilkan Alina Sharanova menjadi sorotan diantara ATINY Indonesia karena dugaan rasis yang dilakukannya kepada Mingi.

Dalam sebuah thread Twitter, beberapa netter membagikan berbagai tindak rasis dan sikap merendahkan yang diterima Mingi. Dalam fan meeting beberapa TikToker lain juga terkesan menanyakan beberapa pertanyaan bernada sindiran dan ejekan kasar kepada beberapa anggota ATEEZ.  Beberapa yang lain juga terlihat membuka obrolan sambil mengejek kemampuan berbahasa Inggris member ATEEZ.

Serangan terhadap Mingi berlanjut saat beberapa orang dalam fan sign online menyuruhnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar bahasa Inggris. Selain Mingi, member lain ATEEZ seperti Wooyoung mendapat serangan netter dengan menyebutnya mirip dan meniru Jimin Bangtan. Beberapa orang yang berpartisipasi juga menyindir kemudian meledek dengan mengatakan akhirnya Wooyoung akhirnya menemukan gayanya sendiri.

Sebelum kontroversi Alina yang lakukan tindakan rasis dalam fan meeting, sebelumnya dalam beberapa video TikToknya, ia telah dengan sengaja merendahkan group ATEEZ. Sebelumnya, cover dancer ini sempat mendapat kecaman karena merekam dirinya tengah membuang kotak album dan merchandise ATEEZ. Terlihat Alina tengah berada pada sebuah pom bensin, ia menari sembari membuang semua barang ‘berbau’ ATEEZ.

Baca juga:  Body Goals! Momo TWICE jadi Sorotan Pasca Tunjukkan Extreme Workout

Tak lama setelah diunggah, video TikTok yang ia buat secara cepat menyebar secara global karena perilakunya yang dengan jelas kasar dan merendahkan.  ATINY global menentang keras perilaku merendahkan atas Idol mereka dengan  mengkritik keras TikToker Alina. Pasca banyak hujatan yang ia terima, akhirnya pada 22 Desember 2021, Alina mengunggah surat dan video permintaan maaf di Twitter serta TikTok.

Ia menyampaikan, “Pertama-tama, saya sangat ingin meminta maaf atas semua situasi tentang acara tanda tangan penggemar dan Insta-live saya di mana Anda melihat salah satu gerakan rasis”,”Teman-teman saya segera memberi tahu saya setelah mereka melihat posting pertama. SAYA TIDAK PERNAH MENJADI RASIS dan tidak pernah bermaksud menyinggung seseorang yang tidak berkebangsaan sama dengan saya”, tegas Alina.

Lebih lanjut, Alina mengaku ia sendiri memiliki ketertarikan pada Asia selama lebih dari 10 tahun.  Alina pun mengaku telah tinggal di Asia selama lebih dari 5 tahun. Ia meminta maaf karena benar-benar tidak mengerti makna yang sangat rasis dari gerakan menyipitkan mata yang ia lakukan.

Baca juga:  Aji Mumpung! Lagu Justin Park Booming Berkat Jungkook Promosikan Lewat Instastory

Alina menambahkan, “Saya punya teman di seluruh dunia dan sebagian besar dari mereka adalah orang Asia, yang sangat saya hargai. Saya sangat menyesal telah menggunakan gerakan ini tanpa berpikir dan melukai perasaan Anda! Saya bersumpah mulai saat ini saya akan dengan hati-hati memikirkan setiap gerakan dan kata”, tandasnya dalam video permintaan maafnya.

You May Also Like

About the Author: Yodik