Ustad Yusuf Mansur

Ustad Yusuf Mansur Dituduh Penipu!

Posted on

Ustad Yusuf Mansur yang selama ini dikenal dengan dakwahnya yang bertemakan sedekah, dituduh penipu. Tuduhan tersebut tidak hanya dilontarkan secara lisan, tapi dibawa ke ranah hukum melalui gugatan yang dikirimkan ke Pengadilan Negeri Tangerang pada Kamis (9/12/2021).

Sudah barang tentu ustad yang memiliki nama lengkap Jam’an Nurkhatib Mansur ini tidak hanya cukup hanya berserah diri kepada Allah, tapi juga harus mengikuti proses persidangan.

Aset Management Syariah Ummat

Persoalan yang menjerat Ustad Yusuf Mansur bermula dari niatnya untuk membangkitkan perekonomian umat Islam melalui proyek Aset Management Syariah Ummat yang ramai diberitakan media massa termasuk media televisi sekitar tahun 2012-2013.

Melalui program itulah Ustad yang dialek Betawinya sangat kental ini menghimpun investasi dalam bentuk penggalangan dana ummat. Namun, proyek besar yang dia canangkan tersebut dalam perjalanan ternyata tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Berangkat dari situlah, banyak investor yang bermaksud menarik kembali dana yang telah mereka setorkan. Karena permintaan mereka tidak kunjung dipenuhi, sebanyak 12 orang yang mengaku sebagai korban melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Tangerang.

Baca juga:  Yusuf Mansur Menjawab, Best News! Ditanyai Pasal Sedekah

Mereka menganggap pendakwah berdarah Yaman – Betawi ini telah melakukan wanprestasi dengan tidak menepati janji sebagaimana yang pernah dia sampaikan lewat televisi terkait surat sertifikasi.

“Gugatan ini kita layangkan agar yang bersangkutan yakni saudara UYM dapat melakukan kewajibannya sebagaimana dulu pernah dijanjikan, baik lewat media televisi maupun yang tertuang dalam surat sertifikasi dalam hal ini terkait patungan usaha,” terang Ichwan Tony, kuasa hukum korban patungan usaha.

Lebih lanjut Ichwan Tony berharap agar nantinya proses persidangan dapat berjalan lancar dan apa yang dituntut korban patungan usaha dapat dikabupkan oleh majelis hakim.

Tanggapan Ustad Yusuf Mansyur

Menanggapi persoalan yang menjeratmya, Ustad Yusuf Mansyur tidak mengelak dengan mengakui gagalnya proyek Aset Management Syariah Ummat yang membuat investor harus gigit jari.

Namun demikian, suami dari Siti Maemunah ini mengaku sudah mengembalikan sebagian besar uang dari para investor yang ditanamkan pada proyek tersebut.

Dalam catatannya, dari investor yang ikut patungan usaha sekitar 2.900 orang, sebanyak 2.500an orang diantaranya sudah menerima kembali uang yang mereka investasikan plus tambahan uang sebagai bentuk pengganti keuntungan.

Sisanya, menurut Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Al-Qur’an Bulak Santri, Banten ini akan dikembalikan secara bertahap.

Baca juga:  Wirda Mansur Dituduh Bohongi Publik Tentang Kuliah Di Oxford Ternyata Ini Faktanya!

Penjelasan terkait tuduhan penipu yang dialamatkan kepada dirinya tersebut diunggah melalui akun Instagram pribadinya @yusufmansurnew dalam bentuk video berdurasi 26.07 menit.

Dalam video tersebut Ustad Yusuf Mansur juga menyampaikan bahwa tuduhan yang dijatuhkan kepada dirinya, sebenarnya bukan persoalan antara dirinya dengan para investor melainkan karena dendam pribadi seorang pengusaha restoran yang tidak dia sebutkan namanya kepada dirinya.

Pengusaha yang juga wartawan senior di salah satu media Islam terkemuka itulah yang menjadi aktor dari peristiwa yang menjeratnya dengan mendanai berbagai pihak untuk mencari-cari kesalahannya, karena pengusaha tersebut memang kaya raya dan memiliki banyak uang untuk melakukan apapun.

Lantas apa yang membuat pengusaha tersebut dendam kepada pengarang buku “Mencari Tuhan yang Hilang” ini?

Masih menurut Ustad Yusuf Mansur dalam videonya, peristiwa bermula saat dia memberikan ceramah tentang sedekah di hadapan pengelola franchise dan karyawan dari pengusaha tersebut.

Diakhir ceramah, pengusaha itu memberikan sedekah kepada Yusuf Mansur sebuah mobil. Karena dianggap sudah diberikan, maka mobil tersebut disedekahkan lagi oleh usatad ini kepada ayah temannya yang kebetulan seorang kyai.

Baca juga:  Yusuf Mansur Menjawab, Best News! Ditanyai Pasal Sedekah

Celakanya, mobil dari pengusaha yang ditempeli sticker brand dari restorant milik pengusaha tersebut dilepas oleh pemilik baru dan diganti dengan sticker baru berupa brand dari usaha sejenis yang dimiliki oleh pemilik baru.

Hal itulah yang membuat pengusaha yang menyedekahkan mobilnya kepada Yusuf Mansur meradang karena menganggap penggagas Program Pendidikan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) ini tidak memiliki etika dengan menyedekahkan mobil pemberiannya kepada orang lain serta mengganti sticker brand usahanya tanpa seijin dirinya.

Tentang benar tidaknya penjelasan dari Ustad Yusuf Mansur yang dipaparkannya melalui video di akun Instagram tersebut, tidak ada satu orangpun yang dapat dikonfirmasi, karena ustad kelahiran 19 Desember 1976 ini tidak menyebutkan siapa nama pengusaha tersebut. (*)